IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EDUCATION MANGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DI SEKSI PD. PONTREN PADA KEMENAG KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i6.347Keywords:
Education Management Information System (EMIS), Pengelolaan Data, PD. PontrenAbstract
Education Management Information System (EMIS) merupakan sistem yang dirancang untuk mengelola data pendidikan secara terintegrasi, dengan tujuan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pendidikan, termasuk di Madrasah Diniyah dan Pondok Pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi kebijakan EMIS di Seksi PD. Pontren Kemenag Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati proses pelaksanaan EMIS di Seksi PD. Pontren Kemenag Kota Bandung. Subjek Penelitian ini adalah kepala seksi PD. Pontren Kemenag Kota Bandung yang data utamanya dikumpulkan dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran lembaga untuk melakukan entry data secara akurat, persepsi keliru terhadap pentingnya EMIS, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan perangkat teknologi, serta kesulitan dalam koordinasi antar lembaga. Beberapa solusi yang dilaksanakan antara lain adalah pembentukan operator khusus di setiap kecamatan dan lembaga pendidikan, pelatihan rutin untuk operator, serta sosialisasi yang berkelanjutan mengenai pentingnya pengelolaan data yang akurat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi EMIS yang efektif memerlukan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, peningkatan kapasitas SDM, dan penguatan infrastruktur teknologi untuk mendukung kelancaran pengelolaan data pendidikan yang berbasis pada sistem informasi yang terintegrasi.
References
Ali, U. (2023). Percepatan Pendataan Education Management Information System (EMIS) pada Lembaga Pendidikan Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kupang melalui Sistem Cluster. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 922–930.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifudin, O. (2020). Manajemen Perguruan Tinggi Era Revolusi 4.0 Dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Nasional. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 2(1), 1–8.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
Budiman, A., & Souvia, B. (2023). Implementasi Education Management Information System 4.0 Pada Madrasah Aliyah Asy Syafi’iyah Kabupaten Hulu Sungai Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2126–2133.
Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.
Depi, K. (2024). Studi Tentang Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri 1 Kawali.
Dewa, P. S. (2023). Implementasi Kebijakan Penggunaan Sistem Berbasis Education Management Information System (Emis) Di Tingkat Pendidikan Madrasah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43–57.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kafi Nadhifah, K. N. (2024). Peran Kepala Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Kecamatan Bergas Tahun Pelajaran 2024/2025. UNDARIS.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
Mukhibat, M., & Istiqomah, A. N. (2021). Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Data Pendidikan Islam Berbasis Education Management Information System. Muslim Heritage, 6(2), 345–358.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Pratama, J. A., & Firdaus, R. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Merkurius: Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, 2(4), 149–160.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Reni, S. (2023). Efektivitas Teknologi sebagai Penunjang Pendidikan Tingkat Satuan Sekolah Dasar pada Era Revolusi Industri 5.0 di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rusdiana. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Konsep, Prinsip dan Aplikasi). Pusat Penelitian Dan Penerbitan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.
Rusmana, F. D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. JURNAL MAKRO MANAJEMEN, 5(2), 157–163.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Sina, R., Fatmawati, A. M., & Mahsyar, A. (2020). Penerapan Education Management Information System (Emis) Di Lembaga Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren Pada Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. Journal of Public Policy and Management, 1(1).
Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.
Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Surya, M. H., & Hayati, R. (2023). Implementasi Aplikasi Education Management Information System (EMIS) Dilihat Dari Aspek Sumber Daya Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Tabalong Kabupaten Tabalong. JAPB, 6(2), 585–599.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.
Toyyib, R. (2017). Peran Madrasah Diniyah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam: Studi tentang peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ulandari, T., Istan, M., & Baryanto, B. (2024). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Pondok Pesantren Al-Azhaar Lubuk linggau. Institut agama Islam negeri Curup.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Yaldi, Y., Zakir, S., Salim, A., & Lalusayuti, L. (2024). Revolusi Digital Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Mas Diniyah Limo Jurai: Peran Aplikasi EDM KEMENAG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 691–699.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fida Fadilatul Romdoniyah, Tatang Ibrahim, Opan Arifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












