STRATEGI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DALAM AL-QURAN

Authors

  • Alfyan Syach STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.331

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pada kemampuan belajar anak masih rendah. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya sarana dan prasarana, alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang sesuai, dan pemilihan pendekatan atau media pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pendekatan pembelajaran dalam al-qu’ran. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan melalui percobaan dan pengamatan, dilakukan sehingga menghasilkan pengalaman dalam percobaan dan pengamatan tersebut. Namun terkadang tidak semua percobaan dan pengamatan itu menghasilkan hal-hal yang benar, bahkan terkadang salah. Di sinilah manusia dapat terus melakukan percobaan, hingga mendapat kebenaran. Kesimpulan penelitian ini bahwa pendekatan dalam pembelajaran memiliki pengaruh penting dalam kegiatan belajar mengajar. Semakin banyak pendekatan yang digunakan, pembelajaran yang dilakukan akan semakin menyenangkan, melahirkan nalar kritis peserta didik dan kreativitas guru. Beberapa ayat al-Quran pun memberikan gambaran tentang pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran pendidikan Islam.

References

Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Gianistika, C. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Tahsinia, 1(2), 181–190.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Huda. (2008). Interaksi Pendidikan: 10 Cara alQuran Mendidik Anak. Malang: UIN Malang Press.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Jabir. (2003). Aisiru al-Tafsiri Likalami al-Aliyyi al-Kabir. Madinah: Maktabah ulum wal Hikmah.

Mardeli. (2011). Konsep al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan Islam. Jurnal Tadib, 16(1), 11–21.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mustakim. (2012). Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Press.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Nata. (2009). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.

Supriyatno. (2009). Humanitas Spiritual dalam Pendidikan. Malang: UIN Press.

Tafsir. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

STRATEGI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DALAM AL-QURAN . (2022). Jurnal Tahsinia, 3(2), 127-137. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.331

Most read articles by the same author(s)