PENINGKATAN MINAT BELAJAR MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MATA PEMBELAJARAN IPA MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN TUBUH

Authors

  • Dede Sugandi STIT Rakeyan Santang Karawang ,
  • Alfyan Syach STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Nadia Juniarti STIT Rakeyan Santang Karawang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.194

Keywords:

Model Course Review Horay, Minat Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap belajar siswa terdapat pelajaran IPA. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta kurangnya komunikasi antara Guru dengann siswa, maupun siswa dengan siswa.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Riview Horay (CRH) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Sirnabaya II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Sesuai metode dipilih, yaitu penelitian tindakan kelas maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi planing (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), reflection (refleksi). Hal itu dapat dilihat dari perolehan data hasil pengamatan proses pembelajaran dari siklus kesatu sampai siklus ketiga dengan perolehan hasil observasi siswa siklus ke-1 mencapai 70%, siklus ke-2 82%, siklus ke-3 90%. Sedangkan perolehan hasil angket Minat Belajar terjadinya peningkatan setiap siklusnya yaitu siklus ke-1 79%, siklus ke-2 85% dan siklus ke-3 89%. Berdasarkan data diatas, serta membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay telah terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar siswa, dam sudah mencapai tingkat kentuntasan sebagaian sudah diterapkan.

 

References

Arifudin, O. (2018). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN STIT RAKEYAN SANTANG KARAWANG. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Ayuningtyas, P. (2005). Studi Korelasi Antara Minat Belajar Dan Persepsi Terhadap Metode Mengajar Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Pada Posisi Duduk Di Belakang.

Barlia, L. (2009). Teori Pembelajaran Sains Disekolah Dasar. Royyan Press.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Miftahul, H. (2013). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajaran.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2011). Psikologi Remaja. Bumi Aksara.

Musyadad, V. F. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Pustaka Indonesia.

Suharjono Arikunto, D. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Supriyono, A. A. dan W. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ulfah. (2019). PERAN KONSELOR DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Yeftha, Y., Haryanto, Z., & Saputra, Y. W. (2020). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Dengan Model Inkuiri Terbimbing Di SMAN 3 Samarinda. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 15–26.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

PENINGKATAN MINAT BELAJAR MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MATA PEMBELAJARAN IPA MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN TUBUH. (2020). Jurnal Tahsinia, 1(2), 191-198. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.194

Most read articles by the same author(s)