PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP PESAWAT SEDERHANA

Authors

  • Dede Sugandi STIT Rakeyan Santang
  • Alfyan Syach STIT Rakeyan Santang
  • Darmawan Febriyanto STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.275

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pesawat Sederhana

Abstract

Keberhasilan sebuah proses pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, yang salahsatu diantaranya adalah faktor guru pada saat melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Sedangkan kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui gambaran tentang penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA khususnya siswa kelas V SDN Palumbonsari I Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang semata-mata bertujuan mengetahui keadaan objek atau peristiwa tanpa suatu maksud untuk mengambil kesimpulan-kesimpulan yang berlaku secara umum. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa, sebelum menggunakan metode demonstrasi adalah 50 sedangkan setelah menggunakan metode demonstrasi nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 82,5 tentang konsep pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA. Khususnya siswa kelas V di SDN Palumbonsari I Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang.

References

Adang, H. (2012). Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Perum Bumi Baros Chasanah.

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Depdiknas.

Haryanto. (2012). Sains untuk SD/MI Kelas V. PT Gelora Aksara Pratama.

Kusmiati, E. (2020). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Peristiwa Alam. Jurnal Tahsinia, 1(2), 117–127.

Mariana, A. & W. P. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA (PPPPTK IPA).

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Putra, S. . (2012). Asuhan Neonatus Bayi dan Balita Untuk Keperawatan dan Kebidanan. D-Medika.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Diva Press.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rasyad, R. (2002). Metode Statistik Deskriptif untuk Umum. Grasindo.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Zuhairini. (2010). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP PESAWAT SEDERHANA. (2020). Jurnal Tahsinia, 2(1), 37-50. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.275

Most read articles by the same author(s)