UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KARTU HURUF DI TKIT BINA INSANI KELOMPOK USIA 5 – 6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.295Keywords:
Membaca Huruf Hijaiyah, Media Kartu Huruf, Anak Kelompok BAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf di TK IT Bina Insani Kelompok Usia 5 – 6 Tahun. Kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang diteliti adalah membaca, mengenal, dan melafalkan huruf hijaiyah secara acak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Obyek penelitian adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan media Kartu Huruf. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal sebesar 80%. Hasil penelitian dapat terjadi peningkatan dari Pra siklus, Siklus I dan Siklus II yang bisa dilihat dari diperoleh hasil presentase Siklus II dari kemampuan anak Menyebutkan simbol-simbol huruf hijaiyah dari kategori (BB) mencapai 0 %, (MB) 0%, (BSH) 45%, dan (BSB) 55%. Sedangkan kemampuan anak Melafalkan huruf hijaiyah dari kategori (BB) mencapai 0 %, (MB) 10%, (BSH) 55%, dan (BSB) 35% . dan yang terakhir kemampuan membedakan bunyi dan bentuk (BB) mencapai 0 %, (MB) 0%, (BSH) 35%, dan (BSB) 65%. Hasil ini menunjukan bahwa tingkat keberhasilan anak termasuk dalam kategori Baik, karena hasil presentase yang diperoleh anak sudah mencapai indikator keberhasilan.
References
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arikunto. (2006). Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Depdiknas. (2000) Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Depdiknas.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Nurhayanti, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108–116.
Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Peraturan Prasekolah .
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Seefeldt,& Wasik. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta : Indeks.
Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tanti Trisnawati, Yudi Wahyu Widiana, Asep Supriatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












