MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BIDANG GEOMETRI DAN ANGKA MELALUI MEDIA GEOBOARD
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.346Keywords:
Kognitif, Geometri, Angka, GeoboardAbstract
Geoboard atau papan berpaku merupakan salah satu media pembelajaran dalam mengenal bidang geometri dan angka. Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena minimnya media pembelajaran di sekolah, minimnya pengetahuan anak tentang bidang geometri dan angka sebagai dasar ilmu matematika yang penting di terapkan kepada anak usia dini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bidang geometri dan angka 1 – 10 di kelompok B TK Islam Az Zahra melalui media geoboard. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang memaparkan terjadinya sebab akibat dengan mengamati kegiatan pembelajaran di dalam kelas untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kognitif anak dalam mengenal bidang geometri dan angka 1-10 melalui media papan geoboard. Perkembangan kognitif anak pada materi mengenal bentuk-bentuk geometri dan angka 1-10 di Kelompok B TK Islam Az Zahra kecamatan Majalaya Karawang dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media geoboard. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatkan persentase perkembangan kognitif anak sebelum tindakan sebesar 43,75% dan setelah menggunakan media geoboard di Siklus I menjdi 62,67% kemudian ketuntasan meningkat di Siklus II menjadi 81.51 % dari indikator keberhasilan 75%.
References
Adri. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal: Of Physical Education and Sports, 4(1), 1–10.
Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.
Dolhasair, G., Istiyati, S., & Karsono, K. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 5(3), 111–118.
Gusniarti, G., Pura, D. N., & Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Dari Kardus Bekas Di Paud Ceria Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 28–33.
Hakiki, N. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kegiatan Mozaik pada Kelompok A di RA Ulul Albab Jember. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 19–26.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.
Hendar, H. (2022). Penggunaan Pendekatan Realistik Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Tahsinia, 3(2), 176–185.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Mursidah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Pada Kelompok B Pada Tkn Pembina Sambalia. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–20.
Nurhayanti, H. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156–166.
Nurkamilah, M., Mirawati, & Arumsari, C. (2018). Disposisi Matematis Anak Usia Dini (Studi Kasus Kelompok A PAUD Permata Hati Aisyiyah Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 2(2), 1–11.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sopian, L. A., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020). Penerapan Media Papan Geoboard pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 444–449.
Sulaeman, D. (2022). Penanaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Mengukur Menggunakan Model Explicit Instruction. Jurnal Tahsinia, 3(1), 45–52.
Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.
Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudi Wahyu Widiana, Gina Kania, Sri Sumarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












