PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.276Keywords:
Cooperative learning, Two stay two stray, Hasil belajar, Media gambar, Tokoh sejarahAbstract
Berdasar studi awal, kemampuan siswa dalam memahami materi tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam di kelas V SD Negeri Parungjaya Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang belum mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut diketahui karena adanya permasalahan, sebagian besar tidak melibatkan siswa secara aktif, siswa hanya dijadikan sebagai objek bukan sebagai subjek. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray dengan media gambar pada materi tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha Dan Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pancawati III Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Melalui metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), desain yang digunakan Kemmis dan Taggart, dengan menggunakan instrument observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes akhir sebagai upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut di atas. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus, persentase pencapaian indikator dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. data awal siswa yang tuntas sebanyak enam siswa dengan persentase 37,5%, pada siklus I menjadi siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 75%, pada siklus II menjadi siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase 87,5%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan media gambar di kelas V SD Negeri Parungjaya dapat meningkatkan pemahaman materi tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan islam dan hasil belajar siswa.
References
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Depdiknas.
Hanifah, D. (2009). Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.
Ibrahim, .et.al. (2000). Pembelajaran Kooperatif. UNESA University Press.
Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Rosda.
Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Raharjo, E. S. dan. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sadiman, A. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Rosda Karya.
Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Sugandi, D. (2020). Peningkatan Minat Belajar Melalui Modelcourse Review Horay (CRH) Pada Mata Pembelajaran IPA Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh. Jurnal Tahsinia, 1(2), 191–198.
Sumaatmadja, N. (2000). Manusia dalam konteks Sosial, Budaya, dan Lingkungan Hidup. Alfabeta.
Sumantri, N. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Rosda Karya.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ety Kusmiati , Nur Chabibah, Nurul Adaniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












