PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.195Keywords:
Metode Demonstrasi, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan di SDN Parapatan Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Permasalahan tersebut disebabkan karna proses pembelajaran IPA di SDN Parapatan masih menggunakan metode ceramah, berpusat pada buku pelajaran, dan siswa yang hanya diberikan contoh - contoh abstrak dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus tindakan, dimana setiap tindakan meliputi perencanaan tindakan (Planning), tahap pelaksanaan tindakan (action), tahap pengamatan (observe), tahap analisis data dan refleksi. Pada tahap Pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 30% dengan nilai rata – rata 59, aktifitas guru sebesar 47,5% dan aktifitas siswa sebesar 47,7%, termasuk kategori pembelajaran rendah, kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60% dengan nilai rata – rata 68, aktivitas guru sebesar 77,3% dan aktivitas sebesar 63,9%, proses pembelajaran siklus I termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 95% dengan nilai rata – rata 87, aktivitas guru sebesar 88,6%, dan aktivitas siswa sebesar 83,3%, proses pembelajaran siklus II termasuk kategori pembelajaran sangat baik. dengan demikian penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN Parapatan.
References
Abduhan., R., Muryani, S., Utami, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berkombinasi Drill and Practice dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Konsep Mil Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Su. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4), 71–79.
Adang, H. (2012). Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Perum Bumi Baros Chasanah.
Arifudin, O. (2018). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN STIT RAKEYAN SANTANG KARAWANG. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2020). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hariyanto, S. &. (2012). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hendar. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN METODE SING THE NATIONAL ANTHEM MELALUI VOKALISI. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2011). Psikologi Remaja. Bumi Aksara.
Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineke Cipta.
Mudyahardjo. (2021). Peranan SKB di dunia Pendidikan. Media Karya.
Musyadad, V. F. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Nasem. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHETMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Suharjono Arikunto, D. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Tiara Wacana.
Ulfah. (2019). PERAN KONSELOR DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Wardani. (2009). Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nur Chabibah, Eti Kusmayati, Unayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












