PENGARUH PERSEPSI PELATIHAN MANAJEMEN SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI KECAMATAN KARANG BAHAGIA
DOI:
https://doi.org/10.57171/g3387z84Keywords:
Pelatihan Manajemen Sekolah, Disiplin Kerja, Produktivitas Guru, Sekolah DasarAbstract
Produktivitas kerja guru merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan mutu pendidikan di sekolah dasar. Guru yang produktif tidak hanya mampu melaksanakan tugas mengajar, tetapi juga menunjukkan ketepatan waktu, tanggung jawab, serta kemampuan mengelola pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh persepsi pelatihan manajemen sekolah dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling dari guru yang telah mengikuti pelatihan manajemen sekolah. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert lima poin yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap pelatihan manajemen sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Disiplin kerja juga memberikan pengaruh positif signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut berkontribusi kuat dalam meningkatkan produktivitas guru. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan yang relevan serta budaya disiplin yang konsisten merupakan kunci peningkatan profesionalitas guru di sekolah dasar.
References
Abdul. (2017). Guru Profesional. Jurnal Al Fatah, 32(1), 275–286.
Abduloh, A. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.
Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.
Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan Peningkatan Inovasi Produk Makanan Khas Subang Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1094–1106.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Why digital learning is the key to the future of education. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 3(4), 201–210.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
Aslan, A. (2025). Analisis Dampak Kurikulum Cinta Dalam Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Transformatif Yang Mengubah Perspektif Dan Sikap Peserta Didik: Kajian Pustaka Teoritis Dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(1), 83–94.
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Creswell. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.
Delvina, A. (2020). Governance and legal perspectives: Problems in the management of Zakat funds are used as collateral. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 209–217. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201023
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Handoko. (2019). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta : BPFE.
Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kartika, I. (2023). Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(1), 111–124.
Kartika, I. (2025). Menanamkan Akhlak Mulia Melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kontekstual Surat Luqman Di Pendidikan Menengah. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(10), 3305–3318.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Mangkunegara. (2019). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Maulana, A. (2025). Strategi Manajemen Pendidikan Berbasis Filsafat Ekonomi untuk Sustainable Organizational Development. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–7.
Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Ningsih, I. W. (2025). Relevansi Moderasi Beragama Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia: Strategi Membangun Karakter Toleran Dan Inklusif. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(11), 3605–3624.
Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.
Rivai & Sagala. (2019). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Robbins & Judge. (2020). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.
Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.
Rusdiana. (2020). Kinerja guru dalam perspektif manajemen pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.
Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja (cetakan kedua). Bandung: Mandar Maju.
Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.
Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.
Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Sutrisno. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana.
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tyaningsih. (2021). Peran pelatihan manajemen dalam meningkatkan kinerja guru. Bandung: Pustaka Utama.
Walgito. (2020). Psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wibowo. (2020). Manajemen kinerja. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dessy Ari Lestari, Undang Ruslan Wahyudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












