PERSEPSI SISWA TERHADAP SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN 2024 DI SMAN 1 CIKARANG PUSAT DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN

Authors

  • Eny Tantia Finorita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Undang Ruslan Wahyudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.57171/sh46xd49

Keywords:

Persepsi Siswa, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Mutu Lulusan

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu aspek penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. PPDB tidak hanya menjadi alat untuk menerima siswa, tetapi juga menjadi instrumen untuk menciptakan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam persepsi siswa terhadap sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2024 di SMAN 1 cikarang pusat dalam meningkatkan mutu lulusan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk memperoleh data yang komprehensif mengenai bentuk, pelaksanaan, serta dampak kemitraan terhadap pengelolaan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses PPDB yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama dari 3 Juni hingga 21 Juni 2024 dan tahap kedua dari 24 Juni hingga 15 Juli 2024, memberikan mereka kesempatan untuk mempersiapkan diri lebih baik. Namun, beberapa siswa mengeluhkan kurangnya informasi yang jelas mengenai tahapan tersebut, yang dapat berpengaruh pada keputusan mereka dalam memilih sekolah. Secara keseluruhan, meskipun terdapat beberapa tantangan, persepsi positif siswa terhadap sistem PPDB tahun 2024 menunjukkan bahwa kebijakan ini memiliki potensi untuk meningkatkan akses pendidikan yang lebih merata, asalkan diiringi dengan perbaikan dalam komunikasi dan transparansi informasi.

References

Abi. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 1945. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 85–90.

Abidin & Ansori. (2018). Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi dalam Pembentukan Karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20–31.

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Akhyar. (2024). Implementasi Sistem Zonasi Pada Program Penerimaan Peserta Dididik Baru (PPDB): Studi Kasus SMAN 2 Pekanbaru. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 105-118.

Alqadri et al. (2022). Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi serta Dampaknya terhadap Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 735-740.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Why digital learning is the key to the future of education. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 3(4), 201–210.

Aris. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa SMP Di Yogyakarta. Jurnal Realita, 17(1), 13–23.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Aslan, A. (2025). Analisis Dampak Kurikulum Cinta Dalam Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Transformatif Yang Mengubah Perspektif Dan Sikap Peserta Didik: Kajian Pustaka Teoritis Dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(1), 83–94.

Bajri et al. (2020). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Kec. Rappocini Makasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 1-8.

Bintoro. (2018). Persepsi Masyarakat terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA tahun ajaran 2017/2018 di Kota Samarinda. Jurnal riset pembangunan, 1(1), 48-57.

Delvina, A. (2020). Governance and legal perspectives: Problems in the management of Zakat funds are used as collateral. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 209–217. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201023

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Hanifah & Wahyudi. (2019). Persepsi Orangtua Murid Terhadap Kebijakan Sistem Zonasi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Tingkat SMA Negeri di Wilayah Wonogiri Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kartika, I. (2023). Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(1), 111–124.

Kartika, I. (2025). Menanamkan Akhlak Mulia Melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kontekstual Surat Luqman Di Pendidikan Menengah. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(10), 3305–3318.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.

Murodah & Muniroh. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Atas Persepsi Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Smp Negeri Se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tentang Penerapan Sistem Zonasi. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(2), 251-266.

Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100–109.

Ningsih, I. W. (2025). Relevansi Moderasi Beragama Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia: Strategi Membangun Karakter Toleran Dan Inklusif. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(11), 3605–3624.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Saadah et al. (2023). Analisis Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(2), 227–238.

Sabrina & Ishak. (2019). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Kota Pekanbaru. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2), 92–103.

Sabur et al. (2022). Analisis Sistem Zonasi di Sekolah Menengah Atas. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 1137-1144.

Setiawan. (2016). Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas Sistem Real Time Online (RTO) di Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Hanata Widya, 5(4), 1–11.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tripujianti et al. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi DKI Jakarta Sistem Zonasi Dengan Seleksi Usia Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2020. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 6(3), 1–10.

Widyaningtyas et al. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Zonasi. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 29-37.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Downloads

Published

2025-11-20

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERSEPSI SISWA TERHADAP SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN 2024 DI SMAN 1 CIKARANG PUSAT DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(11), 1698-1713. https://doi.org/10.57171/sh46xd49

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>