FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK PENGAWAS SEKOLAH KE KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Yuli Supriani Universitas Islam Lampung
  • Endar Evta Yuda Prayogi Universitas Islam Lampung
  • Zainal Arifin Universitas Islam Lampung
  • Eva Rolia Universitas Muhammadiyah Metro image/svg+xml
  • Opan Arifudin STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kebutuhan Belajar, Berbagi Praktik Baik, Pengawas Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pengawas pembina dalam mendukung implementasi program Sekolah Penggerak melalui fasilitasi kebutuhan belajar dan berbagi praktik baik kepala sekolah. Meskipun pelatihan formal telah diberikan, banyak pengawas masih mengalami kesulitan dalam menyusun strategi pendampingan yang sistematis dan sesuai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pendampingan pengawas terhadap kepala sekolah dalam mengidentifikasi kebutuhan dan menyusun rencana aksi strategis pendampingan. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 (tiga) tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa pengawas memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang peran, tahapan pendampingan, teknik identifikasi kebutuhan kepala sekolah, serta mampu menyusun strategi pendampingan berbasis tujuh prinsip supervisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang terstruktur dan kolaboratif, pengawas mampu menjalankan pendampingan secara lebih efektif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan lanjutan dan dukungan kelembagaan agar strategi pendampingan yang telah disusun dapat diimplementasikan secara optimal dan berkelanjutan dalam mendukung transformasi pendidikan di sekolah penggerak.

References

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Aslam et al. (2023). Professional Learning Community: Strategi Tingkatkan Kinerja Guru. Jakarta: Indonesia Emas Group.

Fahmi & Iskandar. (2020). Tipologi Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.852

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Marhawati. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: Depublish.

Nazilah et al. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Karya Bhakti Brebes. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 1–11.

Norniati. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 375–383. https://doi.org/doi.org/10.55681/armada.v1i5.527

Nursalim et al. (2023). Kepemimpinan Pendekatan Sifat Dalam Organisasi. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 86–108. https://doi.org/doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.158

Setiawati & Shofwan. (2023). Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran. Lifelong Education Journal, 3(1), 39–59. https://doi.org/doi.org/10.59935/lej.v3i1.180

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Wahyudi et al. (2020). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 47–55. https://doi.org/doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10218

Wali et al. (2023). Lokakarya Pendekatan Berpusat pada Siswa: Kunci Perubahan Positif dalam Pendidikan Sekolah Penggerak Angkatan 3 di Kabupaten Bireuen. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 632–641. https://doi.org/doi.org/10.35870/jpni.v4i3.453

Wardhana & Chamariyah. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Yang Dimediasi Oleh Loyalitas Guru SDN Ploso V Kota Surabaya. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 5(4), 406–416. https://doi.org/doi.org/10.37504/map.v5i4.473

Yulianto. (2023). Paradigma Transformasi Sistem Pendidikan: Perspektif Fasilitator Sekolah Penggerak. Sagusatal Indonesia.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK PENGAWAS SEKOLAH KE KEPALA SEKOLAH. (2024). Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 65-75. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/jbt/article/view/98

Most read articles by the same author(s)