LOKAKARYA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • M. Agus Kurniawan Universitas Islam Lampung
  • Endar Evta Yuda Prayogi Universitas Islam Lampung
  • M. Ikhsan Nawawi Universitas Islam Lampung
  • Siska Ayu Anggraini Universitas Islam Lampung
  • Zainal Arifin Universitas Islam Lampung
  • Rudi Hartono Sekolah Tinggi Ilmu Shuffah Al Quran Abdullah Bin Masud Online Lampung
  • Yuli Supriani Universitas Islam Lampung
  • Opan Arifudin STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Pengembangan Pembelajaran, Pembelajaran dan Asesmen, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam merancang pembelajaran dan asesmen yang kontekstual dan autentik sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Banyak guru yang masih menghadapi kesulitan dalam melakukan asesmen awal pembelajaran serta menyusun strategi pembelajaran terdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pelaksanaan lokakarya pengembangan pembelajaran dan asesmen dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 (tiga) tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa pendekatan andragogi yang diterapkan dalam lokakarya berhasil menciptakan pembelajaran yang partisipatif dan reflektif, serta meningkatkan pemahaman peserta terhadap asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi. Selain itu, peserta mampu menyusun rencana aksi nyata yang aplikatif sesuai dengan peran mereka di satuan pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa lokakarya berbasis andragogi dan kolaboratif dapat menjadi strategi efektif dalam pengembangan profesional pendidik, serta berkontribusi nyata terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

References

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Arta. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925

Azri & Raniyah. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859–4884.

Baskara & Mbato. (2024). Mengoptimalkan Reciprocal Teaching Dengan Generative AI: Kerangka Teori Untuk Pembelajaran Yang Efektif. Sanata Dharma University Press.

Hamidah. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VI SDN 01 Pasar Ladang Panjang. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(3), 1–11.

Hanipah. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1860

Haq & Abdi. (2024). Manajemen Perencanaan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Dalam Menghasilkan Kualifikasi Lususan Unkafa. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(2), 1–11.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Karim et al. (2024). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi dalam Menunjang Daya Saing Industri Lokal. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.31004/jh.v4i5.1639

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Lisliningsih et al. (2024). Konsep Penilaian Autentik (Autentik Asesmen). Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(11), 1–11.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Najah et al. (2024). Pengaruh Perencanaan Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ihwanul Muslimin II Tembung. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(6), 1–11.

Neneng et al. (2024). Implementasi Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAUD Almanshuriyah Kota Sukabumi. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.47861/khirani.v2i3.1274

Nurmi & Mustari. (2024). Kegiatan Pengembangan Profesi Guru Melalui Komunitas Mai Tana’o Mena Untuk Meningkatkan Kualifikasi Pendidikan dan Profesi. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 1(2), 80–89.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Putra et al. (2024). Prinsip Penyelenggaraan Pembelajaran Orang Dewasa Pada Lokakarya Komunitas Belajar I Program Sekolah Penggerak Angkatan II Propinsi Bengkulu Untuk Mewujudkan Ekosistem Sekolah Yang Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 18(1), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.32832/jpls.v18i1.16370

Rahmatiah et al. (2022). Kerangka Kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam Perspektif Filsafat Ilmu Untuk Menyongsong Pendidikan Masa Depan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2232–2241. https://doi.org/doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1069

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Zulhazlinda et al. (2023). Pengaruh TPACK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(1), 26–38. https://doi.org/doi.org/10.26740/jupe.v11n1.p26-38

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

LOKAKARYA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BAGI GURU SEKOLAH DASAR. (2025). Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109-120. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/jbt/article/view/96

Most read articles by the same author(s)