PELATIHAN PEMBUATAN ECOBRICK SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI SDN 8 METRO PUSAT
Keywords:
Ecobrick, Sampah plastik, Pengelolaan sampahAbstract
Permasalahan sampah plastik yang terus meningkat menjadi isu lingkungan yang mendesak, termasuk di lingkungan sekolah dasar. Banyak siswa belum memiliki kesadaran yang cukup terhadap pentingnya pengelolaan sampah secara bijak. Penelitian ini dilakukan sebagai respons atas kondisi tersebut, dengan fokus pada pelatihan pembuatan ecobrick sebagai solusi kreatif dan edukatif dalam mengelola sampah plastik di SDN 8 Metro Pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan siswa melalui kegiatan praktik pembuatan ecobrick serta menilai dampaknya terhadap perilaku pengelolaan sampah. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan ecobrick tidak hanya berhasil menghasilkan 85 ecobrick berkualitas, tetapi juga meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam memilah sampah dan membawa botol bekas dari rumah. Selain itu, terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Kesimpulannya, pelatihan pembuatan ecobrick merupakan metode efektif dalam menumbuhkan kesadaran ekologis sejak dini dan dapat menjadi langkah awal pembentukan budaya sekolah ramah lingkungan yang berkelanjutan.
References
Ahmad et al. (2018). Analisis Kebijakan PAUD Mengungkap isu-isu menarik seputar PAUD. Wonosobo: Mangku Bumi.
Alhamda & Megawati. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 3 Jombang. Publika, 9(3), 335–344. https://doi.org/doi.org/10.26740/publika.v9n3.p335-344
Ariani. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Fungsi Lingkungan Sekolah Hijau Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Banjarkertahayu Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah (Tesis). Universitas Muhammadiyah Metro.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 20–28.
Aslan et al. (2019). Peran Pendidikan dalam Merubah Karakter Masyarakat Dampak Akulturasi Budaya di Temajuk. FENOMENA, 11(1), 11–30. https://doi.org/doi.org/10.21093/fj.v11i1.1713
Astriani et al. (2020). Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Produk Kreatif dari Pengolahan Sampah Plastik. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Baiquni & Astuti. (2018). Merajut Pengalaman: Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan UGM. UGM PRESS.
Basit & Sundawa. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Boko. (2021). Implementasi Guru Dalam Pembentukan Manajemen Pendidikan Karakter. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 1–11.
Budiatman & Kurnia. (2021). Pola Manajemen Dalam Membangun Sekolah Ramah Lingkungan. Jurnal basicedu., 5(3), 1427–1434. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.940
Desreza et al. (2022). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis 3r Di Desa Cot Mancang Aceh Besar. Journal Of Sustainable Community Service, 3(1), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.55047/jscs.v3i1.503
Fajar & Putra. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. Mimbar PGSD Undiksha., 9(3), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646
Fathurrochman & Muslim. (2021). Menangkal Radikalisme Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Amaliyah Aswaja di SD Islamiyah Magetan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 801–818. https://doi.org/doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1071
Ismail. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Karim, A. (2021). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Pendekatan Manajemen Partisipatif. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Majida et al. (2023). Pemanfaatan Sampah Plastik dengan Metode Ecobrick Sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik. Profetik: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–62. https://doi.org/doi.org/10.62490/profetik.v1i01.340
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Neherta et al. (2022). Faktor Penyebab Orang Tua Melakukan Kekerasanpada Anaknya. Penerbit Adab.
Puspita et al. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3194
Rafik et al. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPI.051.10
Sukadaryati & Andini. (2021). Upaya Pengelolaan Minim Sampah Rumah Tangga: Management Effort for Minimum Household Waste. Jurnal Silva Tropika, 5(2), 1–10. https://doi.org/doi.org/10.22437/jsilvtrop.v5i2.15415
Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.
Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Trisnantari. (2021). Pemberdayaan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kecamatan Kedungwaru Dalam Membentuk Karakter Anak Yang Kreatif. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1–11.
Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.
Wati & Sahronih. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–1. https://doi.org/doi.org/10.58660/periskop.v3i2.26
Yasa & Kumala. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecobricks Pada Siswa SD Untuk Melatih Sikap Peduli Dan Cinta Lingkungan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 1–6. https://doi.org/doi.org/10.53625/jabdi.v2i6.3686
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuli Supriani, Munawar Holid, Opan Arifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.