PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN SEHAT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yuli Supriani Universitas Islam Lampung
  • Opan Arifudin STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Minuman Sehat, Pelatihan Siswa, Membuat Es Susu Coklat

Abstract

Pelatihan keterampilan hidup sejak usia dini merupakan strategi efektif untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 6 Tanjung Jaya, Lampung Tengah, dengan fokus pada pelatihan pembuatan es susu coklat sebagai media edukasi gizi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang manfaat minuman sehat, melatih keterampilan praktis, serta membentuk karakter positif seperti kemandirian dan kerja sama. Metode pelaksanaan mencakup tiga tahap: persiapan (penyusunan materi dan alat), pelaksanaan (penyampaian edukasi dan praktik langsung), serta evaluasi (pre-post-test, observasi, dan diskusi reflektif). Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa, keterampilan membuat minuman sehat, dan kesadaran konsumsi gizi seimbang. Pelatihan ini juga berdampak positif terhadap kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa. Tantangan yang dihadapi meliputi variasi kemampuan, keterbatasan waktu, dan akses bahan di rumah. Secara keseluruhan, pelatihan ini mendukung program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan ini direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan sebagai bentuk pembelajaran kontekstual dan menyenangkan di lingkungan sekolah dasar.

References

Arifudin, O. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Ariyanto et al. (2024). Hubungan Aktifitas Fisik, Kebiasaan Konsumsi Fast Food, Konsumsi Buah dan Sayur terhadap Obesitas pada Remaja. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 13(2), 270–276. https://doi.org/https://doi.org/10.36565/jab.v13i2.817

Contento. (2010). Nutrition Education: Linking Research, Theory, and Practice. Jones & Bartlett Learning.

Harvard T.H. Chan School of Public Health. (2024). Dark chocolate is best choice for health-But don’t turn it into medicine . https://hsph.harvard.edu/news/dark-chocolate-health-flavonoids/.

Isang et al. (2024). Pentingnya Gizi Mikro Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 4(3), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jor.v4i3.4006

Iskandar et al. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Artificial Intelegence Untuk Meningkatkan Kreatifitas Remaja di Desa Rejotangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(8), 3327–3333. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i8.1468

Iswadi & Herwani. (2021). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Era Pademi Covid-19. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 35–44. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.60

Jatmikowati et al. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1279–1294. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3223

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Konsumsi Gula Berlebih, Waspadai Risikonya. https://kemkes.go.id/id/konsumsi-gula-berlebih-waspadai-risikonya. (2022).

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardiana & Emmiyati. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran: Evaluasi dan Pembaruan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(2), 121–127. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p121-127

Ningsih et al. (2024). Keperawatan Dasar: Pengantar dan Teknis Keperawatan Dasar bagi Perawat. Jakarta: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nurmala, I. (2023). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Purwanti. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung Dalam Menulis Puisi. Jakarta: P4I.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sari & Sukiman. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book dalam Pembelajaran Alfabet melalui Tema Buah-Buahan pada Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1394–1408. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4957

Setiana & Eliasa. (2024). Karakteristik Perkembangan Fisik, Kognitif, Emosi Sosial, dan Moral Pada Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 Tahun). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1742

Shafar et al. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup pada Sekolah Dasar Berbasis Literasi Ekonomi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9245–9255. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3420

Ulya. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget Dan Teori Neuroscience Dalam Pendidikan. Journal of education, 7(1), 1–11.

Van Ballegooijen et al. (2017). The Synergistic Interplay between Vitamins D and K for Bone and Cardiovascular Health: A Narrative Review. International Journal of Endocrinology, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2017/7454376

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN SEHAT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. (2025). Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85-95. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/jbt/article/view/166

Most read articles by the same author(s)