MANAJEMEN MUTU PROGRAM LALARAN ALFIYAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.726

Keywords:

Manajemen Mutu, Lalaran Alfiyah, Pendidikan Diniyah Formal, Hafalan Santri

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang mempertahankan metode pengajaran klasik seperti kitab kuning dan metode lalaran, sekaligus mengadopsi sistem pendidikan formal melalui model Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Salah satu metode khas pesantren adalah lalaran, yang digunakan untuk menghafal kitab-kitab klasik, termasuk Alfiyah Ibnu Malik kitab nahwu yang menjadi tolok ukur kemampuan gramatika Arab santri. Meskipun terbukti efektif, banyak santri mengalami kesulitan dalam menjaga hafalan secara berkelanjutan ketika program tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut program lalaran Alfiyah dalam meningkatkan hafalan santri di Pendidikan Diniyah Formal Ar-Risalah, Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan adalah manajemen mutu W. Edwards Deming dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program disusun melalui perencanaan berbasis manajemen mutu internal, pelaksanaan mengintegrasikan metode tradisional dan pendekatan kontekstual-humanis, evaluasi dilakukan secara berkala dan menyeluruh, serta tindak lanjut difokuskan pada inovasi metode dan adaptasi strategi. Temuan ini menegaskan pentingnya manajemen mutu dalam menjaga keberlangsungan dan efektivitas program lalaran secara berkelanjutan.

References

Abduloh et al. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Afifudin. (2020). Penerapan Metode Lalaran dalam Meningkatkan Hafalan di Pondok Pesantren Fadllu Robbirrohiem Panggang Pulo Jepara. UNISNU Jepara.

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Amali. (2023). Penerapan Metode Lalaran dalam Meningkatkan Hafalan Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Al Anwariyah Tegal. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

As’ari. (2018). Manajemen pembelajaran kitab kuning di pesantren tradisional. Yogyakarta: Deepublish.

Auliya & Khambali. (2020). Implementasi program etika untuk membentuk akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Kirom. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.

Bani. (2015). Kontribusi pesantren dalam sistem pendidikan nasional. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 264–273.

Barus & Wijaya. (2019). Peran Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 4(2), 170–178.

Cahyono et al. (2024). Implementasi Manajemen Mutu Program Tahfizhul Qur’an di Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education., 1(1), 1–11.

Darma & Siregar. (2022). Education Financing Governance in Pesantren. 2nd International Conference of Strategic Issues on Economics, Business and Education (ICoSIEBE 2021), 201–206.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Fauzan. (2020). Strategi penguatan pembelajaran nahwu dan sharaf di pesantren salafiyah. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 101–115. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/tarbiyatuna.v10i2.7031

Feiby. (2017). Peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam: Tinjauan konsep mutu Edward Deming dan Joseph Juran. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 11(2), 1–11.

Hidayah & Susilo. (2020). Tradisi Lalaran sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(1), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1105

Hidayat et al. (2018). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dib:Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 461–472.

Irwandi, D. (2024). HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA PELAJARAN KIMIA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Tahsinia, 5(5), 754–767.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Jaelani. (2017). Pendidikan Karakter Anak Menurut Perspektif Syaikh Umar Bin Achmad Baradja Dalam Kitab Alakhlak Lil-Baniin Jilid I (Studi di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin). Jurnal Pendidikan UNIGA., 5(1), 56–68.

Jaelani. (2019). Manajemen Mutu Program Tahfiz Al Qur’an di Pondok Pesantren Puteri Al Latifiyyah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Kusumawardani et al. (2022). Implementasi Metode Lalaran Nadzhom dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al Barkah Al Islamiyah Tangerang Selatan. Muhibbul Arabyiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 1–11.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Ma’ruf. (2017). Metode sorogan dan bandongan dalam tradisi keilmuan pesantren. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1), 55–68.

Maharni, R. (2021). Development Of Sets-Based Chemistry Learning E-Modules (Science, Environment, Technology, Society) On Colligative Properties Of Solutions. EDUSAINS, 13(2), 153–164.

Mastur. (2022). Integrasi Kurikulum di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah Surabaya. Jurnal TARBAWI, 10(2), 165–183. https://doi.org/https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.215

Mayasari, A. (2024). Teknik Discovery Learning Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Sumber Kehidupan (IPA) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDN 9 Padang Cermin. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1222–1231.

Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.

Nafi & Wasito. (2019). Studi Analisis Model Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Inayah Sarijadi. Seminar Nasional.

Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.

Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.

Rahmah, N. F. (2025). Soldiers’ Wives’ Resilience as Conceptual Metaphor in Merah Putih Memanggil and Sayap-Sayap Patah. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 6(1), 77–89.

Rahman. (2021). Pembentukan Karakter Muslim Melalui Pendidikan Indigenous Di Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 13–24.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sari. (2022). Evaluasi pembelajaran berbasis hafalan dan pemahaman di pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 75–88.

Sari, S. (2025). Implementation Of A Project-Based Worksheet Using Aloe Vera Gel As A Natural Stabilizer In Purple Sweet Potato Ice Cream To Increase Nutritional Literacy. EDUSAINS, 17(1), 38–49.

Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syafe’i. (2019). Konsep perbaikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 33–46.

Syarifah et al. (2024). Pola pengasuhan santri remaja dalam memperkuat budaya akhlakul karimah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 679–691. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1372

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Syukron et al. (2020). Pendidikan Diniyah Formal: A Formal Curriculum for Pesantren in Indonesia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v9i2.36645

Tamsir. (2023). Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.70338/mikraf.v3i1.82

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Ubab., A. J. (2022). Mengenal Kitab Pesantren (81): Alfiyah Ibnu Malik dan Keunikan Bahar Ar Rajaz. Alif.ID.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Yusron. (2021). Efektivitas metode lalaran dalam meningkatkan hafalan Alfiyah di kalangan santri. Jurnal Edukasi Pesantren, 13(1), 25–37.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Zaini. (2020). Evaluasi pembelajaran kitab Alfiyah Ibnu Malik di pesantren modern. Jurnal Al-Munzir, 3(2), 90–103.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MANAJEMEN MUTU PROGRAM LALARAN ALFIYAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(7), 988-1005. https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.726

Most read articles by the same author(s)