STRATEGI SEKOLAH DI ERA DISRUPSI: INTEGRASI LEARNING MANAJEMENT SYSTEM DALAM TRANSFORMASI ASESMEN BELAJAR SISWA DI SMP IT ANNI’MAH BANDUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.643

Keywords:

Strategi Sekolah, Era Disrupsi, Learning Management System (LMS), Transformasi Assessment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi sekolah di Era Disrupsi dalam mengintegrasikan Learning Management System  sebagai wujud Transformasi Asesmen Belajar Siswa di SMP IT Anni’mah. Metode dengan pendekatan kualitatif dan studi deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi bagaimana strategi yang diterapkan sekolah ketika mengintegrasikan LMS sebagai wujud transformasi asesmen belajar siswa serta serta dampaknya untuk menjadikan tantangan menjadi sebuah peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi LMS di SMPIT Anni’mah pada proses asesmen belajar merupakan langkah strategis yang tepat dalam menghadapi tantangan digitalisasi pembelajaran di era disrupsi. Terjadi Peningkatan pemahaman siswa secara signifikan dan percepatan proses asesmen berdampak positif juga terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di lingkungan SMPIT Anni’mah. Meski ada beberapa tantangan, seperti kemampuan dan motivasi guru yang berbeda, keterbatasan fasilitas internet sekolah dan keterbatasan fitur LMS, sekolah akan tetapi dapat diatasi melalui penunjukan supervisor akademik, peningkatan fasilitas internet, dan penguatan adab melalui sinergitas guru keagamaan dalam kepanitiaan ujian.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi LMS dalam asesmen belajar di SMPIT Anni'mah dapat menjadi contoh baik dalam implementasi teknologi pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar sekolah terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam implementasi LMS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi lembaga pendidikan yang akan mengintegrasikan LMS dalam asesmen belajar siswa sehingga kendala yang terjadi dapat diminimalisir dan integrasi LMS menjadi lebih efektif dan efisien.

References

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan Di Era Disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570–1580.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2024). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Jarot, J. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan LMS Google Classroom Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruk Soksok 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021: SD Negeri Jeruk Soksok 1. Mitra Pendidikan, 2(1), 73–79.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mubarok, M. S. (2024). Manajemen Strategi Sekolah berbasis Mutu di Era Digital: Menghadapi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang. Dialektika Jurnal Pendidikan, 8(2), 554–566.

Muslim, F., & Kusmana, A. (2023). Pengaruh Teknologi Digital Pada Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 410–418.

Novelita, N., Devian, L., Sufyarma, S., & Rifma, R. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah Dasar di Era Digital. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 380–395.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nugroho, W. (2022). Profil Penilaian Kognitif Online Materi Matriks Berbasis LMS Moodle. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–14.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Pratomo, I. W. P., & Wahanisa, R. (2021). Pemanfaatan teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes masa pandemi covid-19: Utilization of learning Management System (LMS) technology at Unnes during the covid-19 pandemic. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 547–560.

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rohmah, B. F. (2022). Analisis Aplikasi Penilaian Pembelajaran MI/SD Berbasis Digital. EL-AULADY| Kajian Pendidikan Dasar Madrasah, 1(1), 1–20.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sari, A. N., Awondatu, A. A., Riatri, D. P., Ismanto, B., & Waruwu, M. (2022). Implementasi Scola Sebagai Sistem Informasi Manajemen Sekolah. Trisala: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2).

Soraya, F., & Marzuki, I. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 6(2).

Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi literatur analisis kelebihan dan kekurangan lms terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pemrograman web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171–181.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82–89.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

STRATEGI SEKOLAH DI ERA DISRUPSI: INTEGRASI LEARNING MANAJEMENT SYSTEM DALAM TRANSFORMASI ASESMEN BELAJAR SISWA DI SMP IT ANNI’MAH BANDUNG. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(1), 49-61. https://doi.org/10.57171/jt.v6i1.643

Most read articles by the same author(s)