MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.720

Keywords:

Manajemen Mutu, Kinerja Guru, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pendidikan yang baik dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di tingkat global. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana manajemen mutu sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam pencapaian mutu pendidikan yang optimal. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi di dua sekolah dasar negeri yaitu SDN Margalaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu berbasis perencanaan strategis, pelaksanaan evaluasi berkelanjutan, serta pemberdayaan guru melalui pelatihan dan supervisi, memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Dengan demikian, manajemen mutu sekolah yang efektif menjadi pondasi penting dalam membentuk budaya kerja yang produktif dan berkinerja tinggi.

References

Abduloh et al. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Irwandi, D. (2024). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Pelajaran Kimia Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Tahsinia, 5(5), 754–767.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Maharni, R. (2021). Development Of Sets-Based Chemistry Learning E-Modules (Science, Environment, Technology, Society) On Colligative Properties Of Solutions. EDUSAINS, 13(2), 153–164.

Mayasari, A. (2024). Teknik Discovery Learning Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Sumber Kehidupan (IPA) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDN 9 Padang Cermin. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1222–1231.

Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.

Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.

Rahmah, N. F. (2025). Soldiers’ Wives’ Resilience as Conceptual Metaphor in Merah Putih Memanggil and Sayap-Sayap Patah. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 6(1), 77–89.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sari, S. (2025). Implementation Of A Project-Based Worksheet Using Aloe Vera Gel As A Natural Stabilizer In Purple Sweet Potato Ice Cream To Increase Nutritional Literacy. EDUSAINS, 17(1), 38–49.

Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(7), 1018-1031. https://doi.org/10.57171/jt.v6i7.720

Most read articles by the same author(s)