ANALISIS DAMPAK PERAN AYAH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMPN 2 PASIRJAMBU KABUPATEN BANDUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i3.234

Keywords:

Peran Ayah, Kepercayaan Diri.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak peran ayah terhadap kepercayaan diri siswa SMPN 2 Pasirjambu Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterlibatan seorang ayah pada lingkungan di sekitar SMPN 2 Pasirjambu yang berdampak terhadap beberapa aspek dalam diri siswa, salah satunya yaitu kepercayaan diri. Kepercayaan diri seorang anak dapat dipengaruhi oleh pola asuh dan keterlibatan peran orang tua terutama seorang ayah. Anak akan lebih memiliki daya juang yang kuat apabila ayahnya senantiasa memberikan pendidikan dan pengasuhan secara langsung kepada anaknya. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Mei 2024 sampai 31 Mei 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil wawancara yang dilaksanakan bersama guru BK dan beberapa siswa yang memberikan keterangan terkait keterlibatan ayah pada siswa SMPN 2 Pasirjambu senantiasa terlibat dalam pendidikan dan pengasuhan baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun faktor yang mempengaruhi peran ayah dalam membangun kepercayaan diri siswa adalah keteladanan yang dapat memberikan gambaran kepercayaan diri, kedekatan dan komunikasi antara ayah dan anak, dan terlibatnya ayah dalam perkembangan sosial dan interpersonal. Dampak peran ayah terhadap kepercayaan diri anak yaitu keterlibatan ayah dalam kegiatan sehari-hari anak memiliki dampak yang baik terhadap kepercayaan diri anak. Dampak lain yang ditimbulkan dari peran ayah yaitu prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis dari dampak peran ayah terhadap kepercayaan diri siswa SMPN 2 Pasirjambu Kabupaten Bandung dapat dikatakan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan kepercayaan diri siswa.

References

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.

Astuti, V., & Puspitarani, P. (2013). Jurnal: Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Jarak Jauh remaja. Uinversitas Diponegoro.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.

Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.

Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161–174.

Ekadaya, V. Y. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hadi, F. H., Hastuti, E., & Marthalena, D. (2024). Dampak Fatherless Terhadap Kecerdasan Sosial dan Emosional: Penelitian Eksploratif Terhadap Anak Perempuan. Adaptasi : Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 1(1), 67–87.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Istiyati, S., Nuzuliana, R., & Shalihah, M. (2020). Gambaran peran ayah dalam pengasuhan. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17(2), 12–19.

Jumiati, E. (2024). Women’s Empowerment, Social Inclusion, And Attitude Change Through A Study Of Sekoper Cinta Model In Cibogo Hilir Village Plered Purwakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1568–1576.

Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC)., 2(2), 313–320.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Parmanti, & Purnamasari, S. E. (2015). Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak. InSight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(2).

Riani, S. D. (2023). Dampak Fatherless Terhadap Kondisi Psikologis Remaja di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary.

Saepudin, S. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), 327–332.

Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.

Saepudin, S. (2021). Improving the Ability to Understand the Quran Reading through the Application of the Mind Map Method during the Covid 19 Pandemic in Al-Qur’an Education Institutions Qurrota A’yun at Kutaraja Village, Maleber District, Kuningan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 14331–14338.

Saepudin, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Dosen Perguruan Tinggi Islam Di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Indonesia. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Unisa Kuningan, 3(3), 255–273.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Talib, F. (2019). Analisis Dampak Fatherless dan Penanganannya di SMA Negeri 2 Enrekang (Studi Kasus 1 Orang). UIN Makasar.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.

Zuraida. (2018). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. Kognisi Jurnal, 2(2), 2528–4495.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

ANALISIS DAMPAK PERAN AYAH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMPN 2 PASIRJAMBU KABUPATEN BANDUNG. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(3), 347-363. https://doi.org/10.57171/jt.v5i3.234

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>