MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM LUAR SEKOLAH BERBASIS KOMUNITAS DI PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH: MENYEMAI NILAI-NILAI ISLAMI DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR

Authors

  • M. Misbahul Ulumudin UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Sholikah Sholikah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Teguh Shaumantri UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Nadia Arifatul Khoiri Fauzi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Isnani Zakiyah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Muhammad Rafi’i Universitas Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i6.715

Keywords:

PAI, Luar Sekolah, Komunitas, Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) luar sekolah berbasis komunitas di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai Islami di tengah masyarakat multikultural. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus multi situs, penelitian ini mengungkap ragam bentuk kegiatan keagamaan non formal seperti TPA/TPQ, majelis taklim, pengajian remaja, dan halaqah keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini bersifat dinamis, kontekstual, dan partisipatif, dengan kontribusi aktif masyarakat lintas etnis (Dayak, Banjar, Jawa, Bugis, Melayu dan Madura) sebagai penggerak utama. Nilai-nilai Islami ditanamkan secara aplikatif dan relevan dengan kehidupan sosial masyarakat lokal, sehingga mampu membangun kohesi sosial, meningkatkan toleransi, dan memperkuat karakter Islami. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan dokumentasi, kompetensi pengajar, dan dukungan kebijakan. Penelitian ini merekomendasikan sinergi antara pemerintah, komunitas, dan lembaga pendidikan dalam memperkuat dan mengembangkan PAI luar sekolah yang adaptif terhadap keberagaman budaya.

References

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Desfitri, E., Hefni, H., Sriwahyuni, Y., Afnita, N., & Wandi, J. I. (2024). Community-Based Education Oriented Towards Socio-Cultural And Religious Values. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, 4(1), 89. https://doi.org/10.55062//ijpi.2024.v4i1/485/5

Fahmi, M. I., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Yogyakarta, S. K., Maulana, U. I. N., Ibrahim, M., Negeri, S. M. P., Negeri, U., Maret, S., Sayyid, U. I. N., & Rahmatullah, A. (2024). Community-Based Islamic Education : Democratizing Learning Through Local Wisdom. 6(2), 1–13.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Febrianto, A. (2025). Strategi Inklusif Pendidikan Agama Islam Terhadap Masyarakat Multikultural. 4(2), 1545–1550.

Hadi, H. (2016). Kebijakan Pendidikan Nasional Terhadap Pendidikan Islam Dan Pendidikan Sekuler. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 40(2), 390–409. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.304

Hani Nafi’ah Rachmawati, & Khadavi, M. J. (2023). Peran Tokoh Agama Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Masyarakat Nelayan Di Kabupaten Probolinggo. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(1), 69–80. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i1.1020

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Muhajir, A. (2025). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Dayak di SMPN 1 Palangka Raya. 06(01), 57–64.

Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nurhayati, S. R. (2022). Peranan Majelis Dzikir dan Shalawat dalam Pendidikan Akhlak Remaja di Majelis Rasulullah Jakarta Selatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 4, 1–11.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Pendidikan, J. (2024). PEDAGOGIK. 2(3), 459–466.

Ridho, M. R., & Tumin, T. (2022). Multicultural Education: Effort in Overcoming Problems of Cultural Conflict in Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.1187

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Riza, S. (2022). Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1), 131. https://doi.org/10.22373/jm.v12i1.13299

Sholihan, S., & Muawanah, A. (2024). Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 305–316. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.475

Silahuddin, S. (2016). Budaya Akademik Dalam Sistem Pendidikan Dayah Salafiyah Di Aceh. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 40(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.296

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Suroso, S., Suradi, A., & Aryati, A. (2022). Sociocultural Based Islamic Education at School in Rural Communities, South Sumatra. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4567–4578. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2097

Tamam, B. (2024). Developing A Community-Based Islamic Education Curriculum : A Multicultural Approach In Learning To Improve Inter-Cultural Tolerance ( A Study at Nurul Ihsan Islamic Boarding School in Bontang City , East Kalimantan ). 02(02), 1525–1531.

Ubaidillah, U. (2022). The Implementation Of Multicultural Islamic Education Values At Tengger Community Local Culture (An Ethnographic Study in Sapikerep Village, Sukapura, Probolinggo). Journal Education Multicultural of Islamic Society, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.33474/jemois.v2i1.13589

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM LUAR SEKOLAH BERBASIS KOMUNITAS DI PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH: MENYEMAI NILAI-NILAI ISLAMI DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(6), 813-823. https://doi.org/10.57171/jt.v6i6.715

Most read articles by the same author(s)