DAMPAK LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DASAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN: STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMPIT AL-MANAR KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Authors

  • M. Misbahul Ulumudin Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Asmaji Muchtar Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Toha Makhsun Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.172

Keywords:

Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Latar Belakang Pendidikan Dasar, Strategi Guru, Literasi Agama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada sistem pendidikan formal, keterampilan membaca Al-Qur’an mendapat tempat penting, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), kemampuan ini bahkan menjadi salah satu indikator utama keberhasilan pembelajaran keagamaan. Namun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan adanya disparitas yang cukup mencolok dalam kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, khususnya bagi mereka yang berasal dari latar belakang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak latar belakang pendidikan dasar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Al-Manar Kotawaringin Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dari SD Islam memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dari SD umum, khususnya dalam aspek tajwid, kelancaran, dan penghayatan bacaan. Strategi guru meliputi pembelajaran berbasis kelompok, bimbingan individual, dan pemanfaatan teknologi digital. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, dukungan lingkungan rumah yang minim, serta kesenjangan motivasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan program bridging bagi siswa dari SD umum, penguatan kompetensi guru, dan pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran Al-Qur’an yang inklusif.

References

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Agustina. (2020). Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 40 Palembang. (Skripsi). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Manajemen Perguruan Tinggi Era Revolusi 4.0 Dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Nasional. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 2(1), 1–8.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Haris et al. (2024). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 55–68.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Ma’ruf. (2020). Pentingnya Pembelajaran Tajwid Sejak Dini dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Studi Al-Qur’an, 6(1), 45–60.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nurdiana et al. (2022). Strategi Pembelajaran Inklusif dalam Mengatasi Kesenjangan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 101–117.

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah. (2021). Analisis Latar Belakang Pendidikan Dasar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Baru. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 59–72.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Shihab, Q. (2003). Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudlu’i Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Zunaidah. (2022). Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem. Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab, 6(2), 132–144.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

DAMPAK LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DASAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN: STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMPIT AL-MANAR KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(5), 684-698. https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.172

Most read articles by the same author(s)