ANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MENENGAH ATAS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.674

Keywords:

Pembiayaan Pendidikan, Mutu Pendidikan, Pendidikan Menengah Atas, Efektivitas, Efisiensi.

Abstract

Mutu pendidikan merupakan tingkatan dari pencapaian tujuan pendidikan yang menggambarkan kualitas dari proses, output, dan outcome dari sistem pendidikan. Mutu pendidikan tidak hanya diukur dari hasil akademik siswa, tetapi juga mencakup berbagai aspek seperti: kualitas input (misalnya: kompetensi guru, kurikulum, sarana prasarana, dan dana pendidikan), proses pembelajaran (interaksi antara guru dan siswa, strategi pembelajaran, manajemen kelas), hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, sikap yang diperoleh siswa), dampak jangka panjang (daya saing lulusan, kontribusi terhadap masyarakat, dan pengembangan karakter). Salah satu komponen strategis dalam penyelenggaraan pendidikan yang berperan penting dalam peningkatan mutu, terutama pada jenjang pendidikan menengah atas adalah Pembiayaan Pendidikan. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembiayaan pendidikan sebagai faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas dan efisiensi penggunaan dana pendidikan berkontribusi secara signifikan terhadap penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan kompetensi guru, serta perluasan akses dan layanan pendidikan yang berkualitas. Sekolah dengan pengelolaan keuangan yang baik cenderung memiliki capaian akademik siswa lebih tinggi. Pemerataan distribusi anggaran, akuntabilitas, dan penguatan tata kelola diperlukan agar tujuan peningkatan mutu pendidikan menengah atas dapat tercapai secara optimal.

References

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Amanati et al. (2024). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.1828

Aprianto et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Sumber Dana Di Pondok Pesantren Tahfid Al Fatah Natar Dusun Muhajrun Desa Negara Ratu, Natar Lampung Selatan. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(2), 70–78.

Ardiansyah. (2019). Efektivitas Penggunaan Dana BOS dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 145–157.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Bafadal. (2003). Manajemen peningkatan mutu sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2025). Visi Kemendikdasmen: Pendidikan Bermutu untuk Semua. BPMP Provinsi Sumatera Utara.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Kusnandi. (2022). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.942

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Maharani et al. (2024). Analisis Sumber dan Jenis Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3004

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mulyasa. (2006). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia grup.

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 4. (2020). Petunjuk Teknis Pemberian Biaya Operasional Pendidikan Daerah Pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Dan Sekolah Luar Biasa Negeri Di Daerah Provinsi Jawa Barat.

Peraturan Pemerintah Nomor 32. (2013). Standar Pengelolaan.

Permendikbudristek No. 2. (2022). Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS dan BOP.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sirajuddin. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan. Pustaka Ramadhan.

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Suciani, N. M. (2018). Peta Mutu Pendidikan. Bali: LPMP.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Syukri et al. (2024). Manajemen pembiayaan pendidikan terhadap mutu pendidikan dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan., 10(18), 375–382. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13932587

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242.

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

ANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MENENGAH ATAS. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(3), 463-479. https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.674

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2