PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PROGRAM VOKASI TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KEAHLIAN SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i2.601Keywords:
Pembiayaan Pendidikan, Program Vokasi, Kompetensi KeahlianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan pendidikan program vokasi terhadap peningkatan kompetensi keahlian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan dan SMKN 1 Rengasdengklok terpilih sebagai TUK tempat untuk pelaksanaan dalam kegiatan penyelenggaraan program vokasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya dukungan pembiayaan yang memadai dalam menunjang pelaksanaan pendidikan vokasi, terutama dalam pengadaan sarana praktik, pelatihan guru, dan pelaksanaan uji kompetensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XII SMK dari berbagai program keahlian di Kabupaten Karawang yang dipilih secara proporsional. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembiayaan pendidikan program vokasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi keahlian siswa SMK. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembiayaan yang optimal dapat mendukung peningkatan mutu pembelajaran berbasis praktik, sehingga siswa lebih siap menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, manajemen pembiayaan pendidikan di SMK perlu ditingkatkan secara efektif dan tepat sasaran.
References
Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.
Andini. (2021). Pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 101–109.
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443
Ardiansyah. (2019). Efektivitas Penggunaan Dana BOS dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 145–157.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifudin, O. (2020). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Krisdayanthi & Wijaya. (2023). Menumbuhkembangkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia., 6(2), 319–326.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Manurung. (2013). Pelaksanaan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Jurnal: Jurnal Kebijakan Publik., 4(2), 119-218.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Ramdani. (2019). Analisis Kontribusi Dana BOS dalam Meningkatkan Mutu SMK Negeri di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 45–53.
Ramdani et al. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Amaliah: Tantangan terhadap SDM dan Perangkat Kurikulum. Karimah Tauhid, 3(9), 10422–10434.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhtadin Muhtadin, Maman Suryaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












