IMPLEMENTASI DAN TRANSFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Muhamad Luqman Nuryana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tatang Ibrahim Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Opan Arifudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.614

Keywords:

Transformasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen, Era Digital

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi signifikan dalam pengelolaan informasi dan proses pengambilan keputusan organisasi. Sistem Informasi Manajemen (SIM) menjadi elemen strategis yang mengintegrasikan data, teknologi, dan proses untuk mendukung efisiensi operasional dan daya saing organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, manfaat, dan peran SIM dalam mendukung transformasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIM tidak hanya mendukung fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan efisiensi, pengurangan biaya, dan pengambilan keputusan strategis. Selain itu, SIM berperan penting dalam memperkenalkan inovasi bisnis dan membangun kapabilitas strategis organisasi. Meskipun menghadapi tantangan seperti ketergantungan teknologi dan dampak sosial akibat otomatisasi, SIM berbasis cloud terbukti mampu meningkatkan fleksibilitas dan kecepatan pengambilan keputusan. Penelitian ini menegaskan bahwa SIM adalah elemen kunci dalam transformasi digital organisasi, yang memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan bersaing dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

References

Abdurahman et al. (2023). Upaya Peningkatan Melek Tekhnologi dan Administrasi melalui Program Kampus Mengajar pada SDN Banjarsari 04 Kabupaten Jember. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 131–138. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/yumary.v3i3.1451

Aisah et al. (2021). Perancangan Sistem Informasi Aplikasi E Learning Berbasis Web Di SMA N 9 Padang. Jurnal KomtekInfo, 8(1), 66–72.

Aningsih & Mulyeni. (2024). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Barang di PT. Dymatic Chemicals Indonesia. Indonesian Journal of Economic and Business, 2(1), 43–55.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Bate’e. (2021). Analisis Sistem informasi Manajemen dalam Penanganan Gangguan Keamanan Bandara. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1034–1044. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.480

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Ernawati et al. (2024). Kontribusi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi di UPT SDN 17 Pinti Kayu Ketek. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2950–2956. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.634

Fahmi. (2018). Perkembangan Sistem Informasi Manajemen. Tijarah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(16), 1–11.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Firmansyah. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Proses Transformasi Digital Organisasi. TEKNOBIS: Jurnal Teknologi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(1), 45–49.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Khosyiin & Sholikhah. (2024). Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen dalam Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 4(2), 41–47.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Meke et al. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Melyen et al. (2024). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi di SD Negeri 017/XI Sungai Ning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2924–2931. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.632

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100–109.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Prabowo et al. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan pada Kegiatan Bisnis di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7), 883–892.

Purba & Firdaus. (2024). Peran dan Tantangan Sistem Informasi Manajemen dalam Era Digital: Tinjauan Literatur. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4302–4309.

Ramadani & Firdaus. (2024). Evolusi Sistem Informasi Manajemen Dari Manual ke Otomatis. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4131–4141.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rini et al. (2021). Sistem Informasi Manajemen Di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Zahira Media Publisher.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Ritonga & Firdaus. (2024). Pentingnya Sistem Informasi Manajemen Dalam Era Digital. Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(3).

Rochman et al. (2019). Perancangan Sistem Informasi Data Pasien di Klinik Aulia Medika Pasarkemis. Jurnal Sisfotek Global, 9(1).

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sinen. (2017). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran di smp negeri 21 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 1–11.

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahyuningjati et al. (2024). Transformasi Digital dalam Manajemen Jasa: Tantangan dan Peluang di Era Industri 4.0. Business and Investment Review, 2(6).

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

IMPLEMENTASI DAN TRANSFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI ERA DIGITAL. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325-1337. https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.614

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>