PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI SISWA YANG KECANDUAN GAME ONLINE DI MADRASAH TSANAWIYAH YAPIDA TAMBI KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i1.56

Keywords:

Peran Guru Pembimbing, Game Online, Dampak Negatif

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, penetrasi internet dan teknologi digital telah mengubah banyak aspek kehidupan masyarakat, termasuk cara anak-anak dan remaja menghabiskan waktu luang mereka. Bermain game online, yang sekarang mudah diakses melalui berbagai perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone, telah menjadi kegiatan populer yang tidak hanya menghibur tapi juga seringkali menuntut waktu dan perhatian yang signifikan. Fenomena global ini tentunya juga berdampak pada siswa tingkatan Madrasah Tsanawiyah, dimana peningkatan aksesibilitas terhadap game online menggiring sebagian dari mereka ke dalam pola bermain yang kompulsif, atau yang lebih dikenal dengan kecanduan game online. Guru Pembimbing memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi siswa-siswanya kecanduan bermain game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran, cara dan strategi yang dilakukan guru pembimbing dalam mengatasi siswa-siswanya kecanduan bermain game online. Sehingga, harapannya penelitian ini dapat menjadi tulisan yang bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai pedoman bagi para guru pembimbing dalam melaksanakan perannya untuk mencegah siswa-siswanya kecanduan bermain game online. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dimana yang menjadi narasumber disini adalah guru pembimbing di MTs Yapida Tambi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu guru pembimbing sangat penting untuk pertumbuhan siswa. Untuk itu guru pembimbing harus melakukan beberapa hal agar siswa tidak kecanduan game online diantaranya: dengan cara pendekatan, pengawasan dan menambahkan kegiatan siswa diluar jam belajar.

References

Andriyas & Himawan. (2019). Analisa Persepsi Konsumen Atas Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Niat Komplain Konsumen Massively Multiplayer Online Role-Playing Games. Jurnal Akuntansi, 11(2), 248–261.

Apriani dkk. (2020). Social Intelligence, Love, Self Regulation Pada Remaja yang Adiksi Game online Jenis Agresif dan Non-Agresif. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan., 5(1), 35-42.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.

Chadijah, S. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152.

Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161–174.

Chadijah, S. (2024). Strategi Meningkatkan Keterampilam Membaca Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 188–198.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 579–594.

Jumiati, E. (2024). Women’s Empowerment, Social Inclusion, And Attitude Change Through A Study Of Sekoper Cinta Model In Cibogo Hilir Village Plered Purwakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1568–1576.

Kartika, I. (2018). The Relationship Between Jigsaw Cooperative Learning Method And Parents Attention With English Learning Achievement Student In Public Junior High School 4 Bogor. 2 Nd English Language and Literature International Conference (ELLiC)., 2(2), 313–320.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah AtaS. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Novrialdy. (2019). Kecanduan Game online Pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi., 27(2), 148–158.

Riyanti, A. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Saepudin, S. (2019). The Effect of Work Ethic on The Professional Competences of University Lecturers at Jakarta of Indonesia. First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), 327–332.

Saepudin, S. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 089–101.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Syahran. (2015). Ketergantungan online game dan penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling., 1(1), 84–92.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2023. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wiguna & Herdiyanto. (2018). Coping pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game online. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 450–459.

Downloads

Published

2024-04-18

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI SISWA YANG KECANDUAN GAME ONLINE DI MADRASAH TSANAWIYAH YAPIDA TAMBI KABUPATEN INDRAMAYU. (2024). Jurnal Tahsinia, 5(1), 115-125. https://doi.org/10.57171/jt.v5i1.56

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3