MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK MELALUI KEGIATAN ANTRI CUCI TANGAN MENGGUNAKAN KARTU ANTRIAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.349Keywords:
Disiplin, Anak Usia Dini, Kartu Antrian, Sosial EmosionalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya tingkat kedisiplinan anak pada kelompok usia 5-6 tahun di Tk Islam Az-Zahra. Kedisiplinan sebelum dilakukan tindakan belum berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi pada 29 Agustus 2022 oleh peneliti menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan anak usia 5-6 tahun masih kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan disiplin anak melalui kegiatan antri cuci tangan menggunakan kartu antrian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan meningkatkan disiplin anak melalui kegiatan antri cuci tangan dengan menggunakan kartu antrian memiliki dampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan anak pada usia 5-6 tahun di Tk Islam Az-Zahra. Hal ini dapat dilihat semakin baiknya pemahaman anak dengan kedisiplinan yang diajarkan oleh guru. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) didapat skor 7 atau 29,16% termasuk dalam kategori Mulai Berkembang (MB), setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil tingkat kedisiplinan anak mengalami peningkatan yaitu skor rata-rata 13 atau 54,16 % termasuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus II hasil tingkat kedisiplinan anak mengalami peningkatan dari siklus I yaitu skor rata-rata 19 atau 79,16% termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik.
References
Anshori, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100.
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.
Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286.
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 360–372.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Mulyasa. (2017). Strategi pembelajaran PAUD. Bandung : Rosda.
Musyadad, V. F. (2022). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 3(2), 147–155.
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Nasem, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116.
Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.
Putri, W. D. F. R. (2019). Perbandingan Budaya Antri antara Indonesia dengan Jepang. 3, 1520–1525.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Via, I., & Ariani, T. P. (2021). Pentingnya Tata Tertib Dalam Membentuk Disiplin Belajar Siswa Smp. Jurnal KAIROS, 1(1), 79–94.
Warnanti, A., & Pranata, F. D. (2006). aruhnya Terhadap Kinerja Pegawai PadMotivasi Dan Disiplin Kerja Penga Bidang Pendaftaran Dan Informasi Penduduk Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bekasi Jawa Barat. Seminar Nasional Dan Call For Papers UNIBA, 81–93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cecep Cecep, Ade Ismail Fahmi, Herni Purwaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












