UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGIKAT TALI SEPATU MELALUI METODE DEMONSTRASI

Authors

  • Asep Dudin Abdul Latif STIT Rakeyan Santang
  • Cecep Cecep STIT Rakeyan Santang
  • Narsidah Narsidah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.314

Keywords:

Keterampilan Motorik, Tali Sepatu, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kualitas penyelenggaraan lembaga pendidikan anak usia dini yang dilihat dari aspek standar program yang diberikan, proses pembelajaran yang belum mengakomodasi kebutuhan anak dan kualitas serta kualifikasi tenaga pendidik anak usia dini yang masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan motorik halus mengikat tali sepatu melalui metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan fungsi motorik halus alat peraga berupa sepatu memiliki kegunaan yang sangat baik efektif dan efisien, mulai dari tahap perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan sampai penilaian, karena dengan cara demonstrasi dapat memperlihatkan secara konkrit peningkatan motorik halus anak. Kesulitan dalam penggunaan alat peraga sepatu menggunakan metode demonstrasi, kesulitan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga ini adalah dalam menentukan tema yang sesuai, pengkondisian anak serta penilaian untuk dapat meningkatkan fungsi motorik halus pada anak.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arini, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110–124.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Gianistika, C. (2021). Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN Tanjungsari I Dan SDN Mekarpohaci III. Jurnal Tahsinia, 2(1), 39–46.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Kusmiati, E. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Budha Dan Islam. Jurnal Tahsinia, 2(1), 51–65.

Kuswandi, S. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Musyadad, V. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugandi, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Jurnal Tahsinia, 2(1), 37–50.

Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT indeks.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriatna, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Alternatif Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tahsinia, 2(1), 12–25.

Tanjung, R. (2021). Metode Eksperimen Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V Sd Qur’an Terpadu Nurul Islam Kecamatan Karawang Timur. Jurnal Tahsinia, 2(1), 1–9.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGIKAT TALI SEPATU MELALUI METODE DEMONSTRASI. (2022). Jurnal Tahsinia, 3(1), 71-79. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.314

Most read articles by the same author(s)