KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI TEKNIK PERMAINAN LARI ESTAFET PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Deden Thosin Waskita STIT Rakeyan Santang
  • Candra Mochamad Surya STIT Rakeyan Santang
  • Regina Febriana STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312

Keywords:

Motorik Kasar, Permainan, Lari Estafet

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang dilaksanakan kelompok bermain pada saat ini masih klasikal, dimana metode pembelajaran yang digunakan pendidik pada saat bermain sambil belajar tidak variatif (monoton). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik permainan lari estafet dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari data yang diperoleh dari siklus I diperoleh hasil kemampuan motorik kasar anak sebesar 67%. Berdasarkan data pada siklus I, maka penelitian berlanjut pada siklus II. Oleh karena kriteria keberhasilan tindakan ini adalah 80%. Dari hasil siklus II diperoleh data kemampuan motorik kasar anak sebesar 82%. Berdasarkan data dari siklus II, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik permainan lari estafet dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di RA Nurul Huda Dawuan Tengah Cikampek Kabupaten Karawang.

References

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arini, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110–124.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Chabibah, N. (2021). Penerapan Model Example Non Example Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tahsinia, 2(1), 19–28.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Gianistika, C. (2021). Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN Tanjungsari I Dan SDN Mekarpohaci III. Jurnal Tahsinia, 2(1), 39–46.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Kusmiati, E. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Budha Dan Islam. Jurnal Tahsinia, 2(1), 51–65.

Kuswandi, S. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Montolalu. (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: UT.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT indeks.

Sujiono. (2010). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriatna, A. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Tahsinia, 2(1), 29–38.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Syafi’i. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.

Tanjung, R. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri Pasirkaliki II Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI TEKNIK PERMAINAN LARI ESTAFET PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. (2022). Jurnal Tahsinia, 3(1), 53-62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312

Most read articles by the same author(s)