MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI DASAR PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE TEBAK GAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294Keywords:
Bentuk Geometri, Tebak GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui metode tebak gambar pada kelompok A POS PAUD Cempaka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan membagi kedalam dua siklus dan setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data utama adalah melalui lembar chek list dan hasil observasi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A POS PAUD Cempaka jumlah anak sebanyak 18 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal Bentuk Geometri memiliki presentae yang cukup baik. Sebelum tindakan dilakukan pemahaman bentuk geometri hanya sebesar 33%. Yang meningkat pada tindakan siklus I menjadi 40%, peningkatan kembali menjadi 85% dan telah memenuhu indikator pencapaian keberhasilan minimal 85% dengan kategori baik sekali. Anak kelompok A sudah mampu mengenal, menunjukkan dan mengelompokkan bentuk geometri dengan baik, kepada guru hendaknya terus meningkatkan kompetensinya dalam mengajar sehingga pemahaman anak pada materi yang diajarkan dapat lebih. Pemahaman melalui metode tebak gambar adalah salah satunya.
References
Antonius. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. : Rineka Cipta.
Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Ismunamto. (2011). Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi.
Kohn. (2003). Cliffs Quick Review Geometry. Bandung: Pakar Raya
Kusni. (2008). Geometri Dasar. Semarang: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam. Unnes.
Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.
Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
Ningsih, I. W. (2019). Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional PAUD. Jakarta: Kemdikbud Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Kemdikbud.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.
Tanjung, R. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia, 1(2), 169–180.
Ulfah. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Wahyudi dan Damyanti. (2005). Program Pendidikan untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.
Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Candra Mochamad Surya, Yogha Zulvian Iskandar, Leni Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












