PEMANFAATAN MEDIA SURAT KABAR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PKN

Authors

  • Nasem STIT Rakeyan Santang
  • Nur Chabibah STIT Rakeyan Santang
  • Tatang Taryana STIT Rakeyan Santang
  • Rini Novianti Yusuf STIT Rakeyan Santang
  • Ade Ismail Fahmi STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.308

Keywords:

Surat Kabar, Sumber Pelajaran, Pembelajaran, PKN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang dihadapi pada pelaksanaan proses pembelajaran yang belum optimal. Proses pembelajaran seharusnya diarahkan untuk membangun dan mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang cerdas, yang mampu memecahkan masalah secara kreatif dan inovatif, akan tetapi kenyataannya tidak seperti itu terlebih pada mata pelajaran PKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Media Surat Kabar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran PKN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dapat dilihat dari data yang diperoleh menyatakan bahwa berita-berita yang ada di Surat Kabar seperti berita-berita tentang Politik, Sosial, Budaya, Agama, Ekonomi, Hukum dan HAM yang ada pada Surat Kabar dapat dijadikan sumber belajar PKn (60%) dan sebagian kecil menyatakan bahwa berita-berita tentang Pancasila dan UUD 1945 yang ada di Surat Kabar dapat dijadikan sumber belajar PKn (20%). Kemudian bahwa artikel tentang Politik, Sosial, Budaya, Agama, Ekonomi, Hukum dan HAM yang ada pada Surat Kabar dapat dijadikan sumber belajar PKn. Berita dan artikel yang memuat seperti di atas banyak memiliki relevansi dengan nilai dan konsep yang diajarkan dalam cakupan pembahasan PKn.

References

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.

Arini, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110–124.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Bakry. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathurrohman. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar (Untuk PGSD dan Guru SD). Yogyakarta: Nuha Litera.

Gianistika, C. (2021). Pemanfaatan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Tahsinia, 2(2), 144–157.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Kuswandi, S. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Musyadad, V. F. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Ningsih, I. W. (2019). Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriatna, A. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Tahsinia, 2(1), 29–38.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PEMANFAATAN MEDIA SURAT KABAR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PKN. (2022). Jurnal Tahsinia, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.308

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2