PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING POLA GARIS LURUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.250Keywords:
Kemampuan Motorik Halus, Menggunting Pola, Pendidikan AnakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PPT Permata bunda Putat Jaya Surabaya dalam aktivitas menggunting. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan anak serta peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola garis lurus. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan desain empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan anak dalam menggunting pola garis lurus. Pada siklus I, persentase pencapaian mencapai sebesar 46%, sementara pada siklus II meningkat menjadi 85%, dengan kenaikan sebesar 39%. Kesimpulannya, kegiatan menggunting pola garis lurus efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun, sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
References
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Darmiatun & Mayar. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257–267.
Hasibuan, R. (2017). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya: Unesa University Press.
Hikmah et al. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 115–130.
Karmila et al. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Polaris di Kelompok A TK Muslimat NU Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 36–49.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Khadijah & Amelia. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Jakarta: Prenada Media.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Kurniawati & Simatupang. (2018). Pengaruh Kegiatan Menggunting Kertas Peklangi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Aisyiyah III Nganjuk. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1–10.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Maryunani. (2010). Ilmu kesehatan anak dalam kebidanan. Jakarta: TIM.
Nafisa & Widayati. (2018). Pengaruh tahapan menggunting terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok a di tk dharma wanita persatuan randuagung gresik. Jurnal Mahasiswa Unesa, 7(3), 1–7.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Rochma & Simatupang. (2018). Pengaruh Kegiatan Menggunting Dasar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Di RA Perwanida Jombang. PAUD Teratai, 7(1), 1–5.
Setyaningsih et al. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Menggunakan Bubur Kertas Pada Kelompok B Tk Kartika Iii-4 Demak. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–10.
Sujiono. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Wahyuni & Azizah. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. L-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(1), 161–179.
Widayati et al. (2019). Tahapan Menggunting Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nova Yulidah, Nurhenti Dorlina Simatupang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












