MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA MELALUI KEGIATAN TEPUK POLA BERGAMBAR ANAK USIA 3-4 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.135Keywords:
Kosa Kata, Tepuk Pola Bergambar, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kegiatan tepuk pola bergambar tema tanaman dalam meningkatkan kosa kata anak usia 3-4 tahun di PPT Rajawali. Hal ini berdasarkan bahwa observasi di PPT Rajawali, sekitar 70% anak usia 3-4 tahun belum mampu menjawab pertanyaan sederhana terkait diri mereka, yang menunjukkan rendahnya kemampuan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 anak usia 3-4 tahun di PPT Rajawali Surabaya. Noam Chomsky (1957) Chomsky menyatakan bahwa kemampuan bahasa, termasuk keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, merupakan bawaan lahir, dan anak-anak memiliki Language Acquisition Device (LAD) yang memungkinkan mereka belajar bahasa secara alamiah melalui paparan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tepuk pola bergambar tema tanaman dapat meningkatkan kemampuan kosa kata anak. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase kemampuan anak dalam menyebutkan nama buah, memahami instruksi, dan menerapkan tepuk pola dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, kemampuan menyebutkan nama buah mencapai 70%, memahami instruksi 60%, dan menerapkan tepuk pola 50%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan di mana kemampuan menyebutkan nama buah mencapai 90%, memahami instruksi 85%, dan menerapkan tepuk pola 80%. Dengan demikian, kegiatan tepuk pola bergambar dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kosa kata anak usia dini.
References
Adhe et al. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan PAUDPEDIA Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru di Kabupaten Pasuruan. Transformasi dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80–86.
Aini et al. (2023). Meningkatkan Kosakata dan Pelafalan Bahasa Inggris melalui Media Bergambar dan Video di TK AS-Salam. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 25–29.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Burhan. (2001). Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
Hasanah, L. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Kartu Kata Bergambar. Jurnal Buana Ilmu, 1(1), 68–78.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Manea et al. (2024). The Influence of Embodied Cognition Activities on Early Language Education Approaches for Small Preschoolers. Educatia, 21(27), 150–157. https://doi.org/https://doi. org/10. 24193/ed21. 2024. 27. 15
Motimona & Maryatun. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/https://doi. org/10. 31004/obsesi. v7i6. 4682
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Nurgiyantoro. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro. (2016). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Oktapiani, C. S. (2018). Kecepatan Menambah Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 58–73.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sefy & Simatupang. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 239–247. https://doi.org/https://doi. org/10. 33222/pelitapaud. v6i2. 1896
Simatupang & Rosalianisa. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2), 107–120. https://doi.org/https://doi. org/10. 15642/jeced. v3i2. 1404
Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Ulya & Ichsan. (2021). Pengaruh Metode Total Physical Response pada Perkembangan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 235–245.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lastri Lastri, Nurhenti Dorlina Simatupang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












