STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN KEBERAGAMAN BUDAYA MELALUI PETA BUDAYA INDONESIA KELAS 5 DI SDN MARGAKAYA 1

Authors

  • Hendra Kurniawan STIT Rakeyan Santang ,
  • Mila Rahmawati STIT Rakeyan Santang
  • Nurul Afiah STIT Rakeyan Santang
  • Meilia Prehartanti STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Strategi Guru, Keberagaman Budaya, Peta Budaya, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar.

Abstract

Penanaman nilai-nilai keberagaman budaya sejak dini sangat penting untuk membentuk sikap toleransi dan cinta tanah air pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengajarkan keberagaman budaya Indonesia kepada siswa kelas 5 SDN Margakaya 1 dengan menggunakan media peta budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan kontekstual, memanfaatkan peta budaya sebagai media visual interaktif yang membantu siswa memahami keragaman budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, guru juga melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi kelompok, presentasi, dan permainan edukatif yang berkaitan dengan budaya lokal dan nasional. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap keberagaman budaya. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media visual kontekstual sebagai sarana yang menarik dan edukatif dalam pembelajaran muatan sosial budaya di sekolah dasar.

Published

2025-06-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN KEBERAGAMAN BUDAYA MELALUI PETA BUDAYA INDONESIA KELAS 5 DI SDN MARGAKAYA 1. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(2), 199-209. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/820

Most read articles by the same author(s)