PEMANFAATAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS II SDN DAWUAN TENGAH IV
Keywords:
Flashcard, Media Pembelajaran, Tempat Bersejarah, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan sejarah dan budaya Indonesia pada siswa kelas 2 SDN Dawuan Tengah IV. Banyak faktor kurangnya pembelajaran yang menarik dan keterbatasan waktu pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka. Oleh karena itu, kami mengembangkan paket media pembelajaran berbasis kartu pembelajaran atau flashcard khususnya untuk siswa sekolah dasar kelas 2. Kartu-kartu ini dibuat agar pembelajaran terasa interaktif dan menyenangkan sekaligus mengenalkan siswa pada warisan budaya dan sejarah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Media Flashcard untuk Meningkatkan Capaian Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas II SDN Dawuan Tengah IV. Metode yang digunakan adalah R&D melalui langkah-langkah analisis kebutuhan, desain, validasi ahli, uji coba media secara terbatas, dan evolusi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa siswa merasa nyaman menggunakan media ini karena daya tarik visualnya bahkan mampu meningkatkan perhatian dan pemahaman mereka.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susilawati Susilawati, Salsabila Anggraeni, Meilia Prehartanti, Zainab Dwi Sutrisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











