PEMANFAATAN ALAT PERAGA DENAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAH DAN LOKASI PADA SISWA KELAS 3 SD

Authors

  • Dessy Haerawaty Nugraha STIT Rakeyan Santang ,
  • Robiatusaadah Robiatusaadah STIT Rakeyan Santang
  • Meilia Prehartanti STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Alat Peraga Denah, Membaca Arah, Lokasi, Kemampuan Spasial

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan alat peraga denah dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca arah dan lokasi pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Kemampuan spasial ini krusial untuk pemahaman lingkungan sekitar siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi partisipatif, wawancara, dan analisis hasil belajar 25 siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi alat peraga denah, seperti miniatur lingkungan sekolah dan denah kelas, secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep arah mata angin, posisi relatif objek, dan interpretasi simbol pada denah. Siswa terlihat lebih aktif, termotivasi, dan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam mengidentifikasi lokasi di dunia nyata. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya alat peraga konkret dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dasar untuk mengembangkan keterampilan spasial sejak dini.

Published

2025-06-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PEMANFAATAN ALAT PERAGA DENAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAH DAN LOKASI PADA SISWA KELAS 3 SD. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(2), 180-189. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/818

Most read articles by the same author(s)