PEMANFAATAN ALAT PERAGA DENAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAH DAN LOKASI PADA SISWA KELAS 3 SD
Keywords:
Alat Peraga Denah, Membaca Arah, Lokasi, Kemampuan SpasialAbstract
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan alat peraga denah dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca arah dan lokasi pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Kemampuan spasial ini krusial untuk pemahaman lingkungan sekitar siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi partisipatif, wawancara, dan analisis hasil belajar 25 siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi alat peraga denah, seperti miniatur lingkungan sekolah dan denah kelas, secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep arah mata angin, posisi relatif objek, dan interpretasi simbol pada denah. Siswa terlihat lebih aktif, termotivasi, dan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam mengidentifikasi lokasi di dunia nyata. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya alat peraga konkret dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dasar untuk mengembangkan keterampilan spasial sejak dini.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dessy Haerawaty Nugraha, Robiatusaadah Robiatusaadah, Meilia Prehartanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











