HOME VISIT SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Chika Gianistika STIT Rakeyan Santang
  • Teti Ernawati STIT Rakeyan Santang
  • Yani STIT Rakeyan Santang
  • Yunita STIT Rakeyan Santang
  • Siti Masroh STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Home visit, Strategi Pembelajaran, Learning loss

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan dan membiarkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang terbagi menjadi online (dalam jaringan)  dan  oflline (di luar  jaringan). Tujuan dari  penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan metode  pembelajaran  home  visit  atau dengan  mengunjungi  langsung  rumah  dari  murid  di  SDN Mulyasejati 1 untuk meminimalisir adanya learning loss pada anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SDN Mulyasejati 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, mengadakan kunjungan rumah berangkat  dari  kenyataan  di dengan  alasan  siswa masih  memiliki  keterbatasan dalam mengakses pembelajaran online karena fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing peserta di rumah belum sepenuhnya didukung. Kedua, diadakannya kunjungan rumah bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran online yang dilakukan kurang efektif karena kondisi sosial siswa yang tidak sinkron. Ketiga, orang tua adalah pihak yang terlibat dalam pelaksanaan home visit sangat terbantu dengan diadakannya home visit. Keempat, kunjungan ke rumah di usulkan oleh orangtua/wali murid dan atas izin dari pihak sekolah.

References

Andriani. (2021). Learning Loss Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485-501.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Kashyap. (2021). Challenges in Online Teaching amidst Covid Crisis: Impact on Engineering Educators of Different Levels. Journal of Engineering Education Transformations, 34(1), 38–43.

Li. (2020). Clinical features and short-term outcomes of elderly patients with COVID-19. International Journal of Infectious Diseases, 97, 245–250.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Downloads

Published

2023-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

HOME VISIT SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(1), 19-29. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/269

Most read articles by the same author(s)