HOME VISIT SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Home visit, Strategi Pembelajaran, Learning lossAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan dan membiarkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang terbagi menjadi online (dalam jaringan) dan oflline (di luar jaringan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran home visit atau dengan mengunjungi langsung rumah dari murid di SDN Mulyasejati 1 untuk meminimalisir adanya learning loss pada anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SDN Mulyasejati 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, mengadakan kunjungan rumah berangkat dari kenyataan di dengan alasan siswa masih memiliki keterbatasan dalam mengakses pembelajaran online karena fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing peserta di rumah belum sepenuhnya didukung. Kedua, diadakannya kunjungan rumah bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran online yang dilakukan kurang efektif karena kondisi sosial siswa yang tidak sinkron. Ketiga, orang tua adalah pihak yang terlibat dalam pelaksanaan home visit sangat terbantu dengan diadakannya home visit. Keempat, kunjungan ke rumah di usulkan oleh orangtua/wali murid dan atas izin dari pihak sekolah.
References
Andriani. (2021). Learning Loss Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485-501.
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
Kashyap. (2021). Challenges in Online Teaching amidst Covid Crisis: Impact on Engineering Educators of Different Levels. Journal of Engineering Education Transformations, 34(1), 38–43.
Li. (2020). Clinical features and short-term outcomes of elderly patients with COVID-19. International Journal of Infectious Diseases, 97, 245–250.
Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chika Gianistika, Teti Ernawati, Yani, Yunita, Siti Masroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











