OPTIMALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENGURANGI DAMPAK LEARNING LOSS
Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, PAI, PrototypeAbstract
Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia secara umum khususnya di Kabupaten Karawang mempunyai dampak yang signifikan terhadap kemampuan anak SD dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian awal dimana permasalahan yang muncul yaitu tidak semua orang tua siswa mempunyai smartpone lebih dari 1 disamping juga masalah kuota internet sehingga pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak semuanya tersampaikan. Pembelajaran seperti ini kurang interaktif dan menarik, sehingga berdampak pada siswa tidak memahami materi dengan baik mempengaruhi kemampuan belajar. Maka dari itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat memperkecil kehilangan kemampuan belajar siswa tersebut khususnya siswa SDN Mekarmulya 3. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode prototype untuk membuat sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis android. Pada tahapn prototype ini yaitu: mendengarkan pelanggan, merancang dan membuat prototype, dan uji coba. Dalam melakukan di uji coba, aplikasi tersebut di uji kepada 5 orang siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 responden siswa dapat disimpulkan bahwa media aplikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dikategorikan “baik”.
References
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17), e2022376118.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134–143.
Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200–207.
Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
Latif, A., & Utaminingsih, S. (2021). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Smart Apps Creator Berbasis Kearifan Lokal Masjid Mantingan Jepara untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang di Sekolah Dasar. PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) V, 5, 1079–1084.
Pratiwi Bernadetta Purba, Arin Tentrem Mawati Juliana, Sony Kuswandi, Irwan Lihardo Hulu Joni Wilson Sitopu, Arsen Nahum Pasaribu Ika Yuniwati, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216.
Sri Hardianti Sartika, Hani Subakti, Salamun, Dina Chamidah Fadil Firdian, Betanika Nila Nirbita, S. K., & Isnani Arianti, Janner Simarmata, M. Z. M. (2022). Teknologi Dan Media Dalam Pembelajaran. In Yayasan Kita Menulis.
Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
Syahputra, F. K., & Prismana, I. G. L. P. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator (Sac) Untuk Mata Pelajaran Animasi 2d & 3d Kelas Xi Di SMKN 1 Driyorejo Gresik. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 763–768.
Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242.
Tanjung, R. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Akademik..Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA.
VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Fikriyah , Hilda, Lilik, Neneng, Reynaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











