PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD TAMAN SISWA
Keywords:
Konsentrasi, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Meski demikian, masih banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam mencapai hasil belajar menulis yang memadai. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar menulis adalah tingkat konsentrasi siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat konsentrasi siswa terhadap hasil belajar menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Taman Siswa, Kecamatan Cikampek Barat, Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 35 siswa kelas V yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t_hitung adalah 2.594, sementara nilai t_tabel adalah 2.03452 pada tingkat signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 33. Karena t_hitung > t_tabel (2.594 > 2.03452) dan tingkat signifikansi 0.014 < 0.05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Taman Siswa. Besar pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar menulis adalah 15%, sedangkan 85% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Azwar. (2015). Sikap Manusia: Teori & Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Firmansyah. (2024). Pengaruh Pendidikan Anti Korupsi terhadap Karakter Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7306-7314.
Fitrianingsih. (2019). The Effect of Aerobic Dance Exercise towards the Decreasing of Total Cholesterol Level on Kiyomi Dance Studio’s. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(3), 148–151.
Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 656–671.
Gianistika, C. (2022). Project-based learning approach and its impact for the pancasila student profile strengthening project. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan., 6(2), 261-272.
Gianistika, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN Cimahi I Kabupaten Karawang. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 48-61.
Hita. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot., 3(4), 397–407.
Indrawati. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Solihin. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Urbayatun, S. (2019). Kesulitan Belajar Dan Ganguan Psikologis Ringan Pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). Yogyakarta: K-Media.
Yunita. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga Dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak Dirumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 9(1), 1–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mira Nurfadilah, Chika Gianistika, Dede Ajeng Arini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











