PENGARUH KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD TAMAN SISWA

Authors

  • Sintiawati Sintiawati STIT Rakeyan Santang
  • Nurchabibah Nurchabibah STIT Rakeyan Santang
  • Chika Gianistika STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kemandirian, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS

Abstract

Hasil belajar mengacu pada perubahan perilaku siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kemandirian belajar. Kemandirian belajar mengacu pada perilaku siswa dalam mengambil inisiatif belajar, mampu mengatasi tantangan dalam pembelajaran, serta memiliki rasa percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab dalam belajar. Ketika siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang tinggi, mereka cenderung memiliki inisiatif dalam belajar, serta rasa disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Taman Siswa, kecamatan Cikampek Barat, kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi angket/kuesioner, dokumentasi, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Taman Siswa. Hal ini sesuai dengan kriteria uji, di mana H0 ditolak yang berarti terdapat korelasi positif yang terlihat dari hasil uji hipotesis statistik. Nilai T hitung = 0,478 dan T tabel = 0,361 menunjukkan bahwa T hitung > T tabel, serta nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Adesemowo. (2022). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bandung: Widina Media Utama.

Afni. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang (Doctoral dissertation). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Aisah. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Anak Usia Dini Daripada Aspek Perkembangan Fisik Motorik. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 74-82.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Firmansyah. (2024). Pengaruh Pendidikan Anti Korupsi terhadap Karakter Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7306-7314.

Gianistika, C. (2021). Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA DI SDN Tanjungsari I Dan SDN Mekarpohaci III. Jurnal Tahsinia, 2(1), 39–46.

Gianistika, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN Cimahi I Kabupaten Karawang. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 48-61.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kumalasari. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2(1), 1–16.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Nurfadilah. (2020). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Media Abadi.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Ramadhan & Santosa. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam Dan Sosial (Ipas) Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(1), 81 – 92.

Ramadhita dkk. (2022). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 6(1), 19–29.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugianto. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 159-170.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahyuningsih. (2020). Panduan Untuk Konselor Teknik Self Management Dalam Bingkai Konseling Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. CV. Sarnu Untung.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2025-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD TAMAN SISWA. (2025). Jurnal Primary Edu, 3(1), 100-109. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/378

Most read articles by the same author(s)