PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE FORMULIR TERHADAP KECEPATAN DAN AKURASI PENILAIAN GURU DI SMA NEGERI 1 CIKARANG PUSAT

Authors

  • Evi Wasitoh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maman Suryaman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.57171/3fy0ef77

Keywords:

Google Formulir, Kecepatan Penilaian, Akurasi Penilaian, Evaluasi Digital, Efektivitas Penilaian.

Abstract

Kemitraan sekolah merupakan strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang saat ini menghadapi berbagai tantangan perkembangan zaman, kebutuhan dunia kerja, serta dinamika sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran dan fungsi kemitraan sekolah dengan berbagai pemangku kepentingan, yaitu dinas pendidikan, dunia usaha dan dunia industri (DUDI), komite sekolah, serta masyarakat sekitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk memperoleh data yang komprehensif mengenai bentuk, pelaksanaan, serta dampak kemitraan terhadap pengelolaan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu pembelajaran, penguatan kompetensi siswa, dukungan sarana dan prasarana, serta efektivitas tata kelola sekolah. Kerja sama dengan DUDI terbukti memperluas kesempatan siswa dalam memperoleh pengalaman praktis, sedangkan kolaborasi dengan dinas terkait membantu sekolah dalam sinkronisasi kebijakan dan pemenuhan layanan pendidikan. Sementara itu, komite sekolah dan masyarakat berperan dalam peningkatan dukungan moral, material, dan partisipasi aktif terhadap berbagai program sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa kemitraan bukan hanya pelengkap, tetapi merupakan kebutuhan strategis bagi sekolah dalam menghadapi tuntutan Kurikulum Merdeka dan tantangan pembelajaran abad ke-21, seperti literasi digital, kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Dengan kemitraan yang kuat, sekolah mampu membangun ekosistem pendidikan yang adaptif, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

References

Abdul et al. (2022). The Effect of the Blended Project-Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students’ Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218–235.

Abduloh, A. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Why digital learning is the key to the future of education. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 3(4), 201–210.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Aslan, A. (2025). Analisis Dampak Kurikulum Cinta Dalam Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Transformatif Yang Mengubah Perspektif Dan Sikap Peserta Didik: Kajian Pustaka Teoritis Dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(1), 83–94.

Creswell. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Deka. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik Menggunakan Aplikasi Google Form Materi Momentum Dan Implus Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–10.

Delvina, A. (2020). Governance and legal perspectives: Problems in the management of Zakat funds are used as collateral. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 209–217. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201023

Dwi & Alifi. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasisi Google Formulir Di SMA N 1 Prambatan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah., 4(1), 1-8.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(1), 111–124.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kartika, I. (2025). Menanamkan Akhlak Mulia Melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kontekstual Surat Luqman Di Pendidikan Menengah. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(10), 3305–3318.

Kurniawan & Sari. (2022). Pengaruh manajemen laboratorium IPA terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 350–360.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Lisliningsih et al. (2024). Konsep Penilaian Autentik (Autentik Asesmen). Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(11), 1–11.

Muhammad. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., 10(1), 120–152.

Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.

Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Ningsih, I. W. (2025). Relevansi Moderasi Beragama Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia: Strategi Membangun Karakter Toleran Dan Inklusif. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(11), 3605–3624.

Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.

Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Zega et al. (2025). Inovasi Pembelajaran: Mengintegrasikan Teknologi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 13(1), 505–512.

Zhang & Lin. (2024). Students’ motivation and achievement in science learning through hands-on laboratory activities. Journal of Science Learning, 7(1), 22–34.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Zulkarnain. (2022). Evaluasi Kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Bersertifikasi Pendidik. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1180–1188. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1376

Downloads

Published

2025-11-20

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE FORMULIR TERHADAP KECEPATAN DAN AKURASI PENILAIAN GURU DI SMA NEGERI 1 CIKARANG PUSAT. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(11), 1685-1697. https://doi.org/10.57171/3fy0ef77

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>