PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI PENERAPAN FIQIH IBADAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.57171/ww54kj28Keywords:
Shalat Dhuha, Fiqih Ibadah, Budaya ReligiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiasaan shalat dhuha sebagai penerapan fiqih ibadah dalam upaya meningkatkan budaya religious di Madarsah Tsanawiyah Al-Fadlliyah Bojonggambir Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokuemntasi. Adapun analisis data dilakukan dengan Teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pembiasaan shalat dhuha di Madrasah Tsanawiyah Al-Fadlliyah sudah dilaksanakan sejak lama, selain itu terdapat beberapa aspek yang berkaitan dengan pembiasaan shalat dhuha di Madrasah Tsanawiyah Al-Fadlliyah Tasikmalaya diantaranya: ketepatan pengaturan waktu, sosialisasi dan edukasi setelah shalat dhuha, pemberian contoh oleh para guru dengan aktif terlibat dalam pelaksanaan shalat dhuha, pelaksanaan shalat dhuha secara berjamaah, lingkungan yang mendukung dan kondusif, pelaksanaan evaluasi berkala dan pemberian penghargaan, dan terintegrasi dengan kurikulum; 2) Dampak yang dirasakan dengan dilaksanakannya pembiasaan shalat dhuha ini ialah: adanya peningkatan kesadaran spiritual, penguatan karakter siswa, dan keterlibatan sosial siswa.
References
Abdul. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Abduloh, A. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.
Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.
Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Why digital learning is the key to the future of education. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 3(4), 201–210.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
Aslan, A. (2025). Analisis Dampak Kurikulum Cinta Dalam Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Transformatif Yang Mengubah Perspektif Dan Sikap Peserta Didik: Kajian Pustaka Teoritis Dan Praktis. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(1), 83–94.
Delvina, A. (2020). Governance and legal perspectives: Problems in the management of Zakat funds are used as collateral. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 209–217. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201023
Fatimah. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.189
Herman. (2019). Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Shalat Berjama’ah Di Ma Pembangunan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta (Skripsi, UIN Syarief Hidayatullah Jakarta). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ika et al. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Disiplin Siswa (Penelitian di SMP Insan Kamil Legok, Kabupaten Tangerang). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4353
Kandiri & Mahmudi. (2018). Penerapan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa Di Sekolah. Edupedia, 3(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i1.316
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2023). Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(1), 111–124.
Kartika, I. (2025). Menanamkan Akhlak Mulia Melalui Pendidikan Agama Islam: Studi Kontekstual Surat Luqman Di Pendidikan Menengah. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(10), 3305–3318.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Makiah & Mailita. (2024). Internalisasi Pemahaman Fikih dalam Pengamalan Ibadah Siswa Kelas V di SD Islam Hidayatullah Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3073
Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.
Mulyadi. (2018). Strategi Pengembangan Budaya Religius di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1688
Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Ningsih, I. W. (2025). Relevansi Moderasi Beragama Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia: Strategi Membangun Karakter Toleran Dan Inklusif. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(11), 3605–3624.
Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Romdoniyah, F. F. (2024). Implementasi Kebijakan Education Mangement Information System (EMIS) Di Seksi PD. Pontren Pada Kemenag Kota Bandung. Jurnal Tahsinia, 5(6), 953–965.
Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.
Sopwandin. (2019). Paradigma Baru Kepemimpinan Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 10–21.
Sopwandin. (2024). Strategi Peningkatan Daya Saing Pondok Pesantren Melalui Manajemen Program Unggulan Amtsilati. TADBIR MUWAHHID, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jtm.v8i2.15842
Sopwandin & Irawati. (2023). Manajemen Partisipatif Dalam Pengembangan Budaya Religius Peserta Didik. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 67–74.
Sopwandin et al. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 8(1), 94–106. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jmpi.v8i1.19210
Sudrajat, J. (2024). Enhancing the Quality of Learning through an E-Learning-Based Academic Management Information System at Madrasah Aliyah Negeri. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 621–632.
Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Surahyo & Nurwahyudi. (2024). Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa: (Studi Kasus di SDN 1 Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.84
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Tanti. (2023). Implementasi Program Pembiasaan Baik (PBB) Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Supervisi Kolegial Di SDN Sumberejo 03 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 1–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ipah Siti Chuzaipah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












