PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI KARTU ANGKA
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i4.832Keywords:
Pengembangan Media, PuzzleAbstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar, khususnya di kelas rendah (kelas 1–3 SD), menuntut penggunaan media yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif anak. Anak-anak pada usia ini cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek dan lebih mudah memahami konsep melalui aktivitas bermain atau metode yang bersifat konkret. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang menyenangkan sangat diperlukan agar siswa tidak merasa bosan dan mampu memahami materi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk puzzle dengan menggunakan kartu angka sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar matematika pada anak usia dini atau siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi proses pengembangan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle kartu angka dapat menarik minat belajar siswa dan mempermudah pemahaman materi bilangan, penjumlahan, dan pengurangan secara konkret dan menyenangkan. Selain itu, media ini juga mendorong aktivitas belajar yang interaktif, kolaboratif, dan berbasis permainan edukatif. Berdasarkan hasil uji coba dan evaluasi, media ini dinilai layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik dan matematika di tingkat dasar. Dengan demikian, pengembangan media puzzle melalui kartu angka dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Aminah, Abdul Fatah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












