METODE PEMBELAJARAN DAN APLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i8.815Keywords:
Anak Usia Dini, Konsentrasi Belajar, Metode PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai metode pembelajaran dan aplikasinya yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. Fokus penelitian ini adalah anak usia dini dimana berada pada usia 3–6 tahun, yang berada pada masa golden age. Rentang perhatian anak usia dini yang masih terbatas memerlukan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik perkembangan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Sebanyak 15 jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan pada tahun 2020–2025 dianalisis untuk mengidentifikasi metode dan media pembelajaran yang efektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode seperti demonstrasi, permainan edukatif, bercerita, ATIK (Amati–Tiru–Kerjakan), eksperimen, serta brain gym terbukti efektif meningkatkan konsentrasi belajar anak. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang variatif, interaktif, dan menyenangkan dalam mendukung proses belajar anak usia dini baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.
References
Abduloh et al. (2020). Effect of Organizational Commitment toward Economical, Environment, Social Performance and Sustainability Performance of Indonesian Private Universities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6951–6973.
Afifah et al. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal., 2(2), 71-81.
Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.
Anindita et al. (2024). Melatih Konsentrasi Pada Anak TK-B dengan Brain Gym. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini., 13(1), 105–114.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Arisand & Tania. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 3 Tahun Di Denali Development Centre Palembang. JPkMN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara., 4(3), 2856–2862.
Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.
Bartan. (2020). The Use of Storytelling Methods by Teachers and Their Effects on Children’s Understanding and Attention Span. Southeast Asia Early Childhood Journal., 9(1), 75–84.
Cecep et al. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.
Erna et al. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Pengembangan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di TK Cermat. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud., 6(2), 1-11.
Firman & Anhusadar. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini., 3(2), 28–37.
Hasibuan & Watini. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan., 5(9), 3328–3333.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Khasanah & Rocmah. (2024). Efektivitas Media Maze Magnet dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Reseach, 5(4), 4728-4737.
Khotimah et.al. (2020). Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Kosentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 5(1), 676-685.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.
Nasril, N. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.
Nita, M. W. (2025). Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 3(1), 19–28.
Novianti & Wahyuni. (2022). Tebona: Permainan untuk Melatih Konsentrasi Anak. Raudhatul Athfal : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini., 6(1), 1–11.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Pura & Wulandari. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi. Jurnal ECRP : Early Child Reseach and Practice., 1(1), 22-27.
Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.
Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rusyidiana et al. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Audio Visual. Jurnal Tahsinia., 4(1), 82–92.
Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.
Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Susanti. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Jurnal TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora., 2(1), 53-60.
Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).
Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar, 3(1), 9–16.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Yiniasih. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini melalui Metode Atik dan Permainan Isi Botol di RA Al Fikri Klari. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan., 6(5), 3007–3011.
Yuniarti et al. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Melalui Bermain Sensorimotor. Jurnal Warna: Jurnal dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 8(1), 41–51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rani Nur Anekasari, Cicilia Tanti Utami, Augustina Sulastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












