FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA

Authors

  • Dewi Murtasiah Universitas Islam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.724

Keywords:

Karakter Siswa, Pendidikan Ibnu Khaldun

Abstract

Filsafat pendidikan salah satu utama untuk memberikan arah dan tujuan yang disesuaikan dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep filsafat pendidikan Ibnu Khaldun dan mengevaluasi kontribusinya dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan kualitatif. Dengan memfokuskan pada prinsip-prinsip dasar filsafat pendidikan Ibnu Khaldun, penelitian ini melakukan analisis yang dilihat terhadap nilai-nilai moral, konsep tarbiyah dan perspektif filsafat pendidikan Ibnu Khaldun. Metodologi penelitian melibatkan penelitian kualitatif deskriptif, wawancara terhadap guru Agama Islam, dan analisis dokumen terkait pemikiran tokoh Ibnu Khaldun. Penelitian kualitatif digunakan untuk memahami dan menginterpretasi konsep-konsep utama dalam filsafat pendidikan Ibnu Khaldun dan untuk menemukan relevansi yang terdapat dalam pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian ini memberikan konfirmasi terhadap keberhasilan implementasi nilai-nilai Ibnu Khaldun dalam pendidikan karakter siswa. Konsep-konsep Ibnu Khaldun seperti tauhid, fitrah, dan wahyu diidentifikasi sebagai acuan utama dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan ajaran Islam. Dapat disimpulkan filsafat pendidikan Ibnu Khaldun memiliki peran yang penting untuk membantu dalam membentuk karakter siswa. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam ajaran Islam perspektif Ibnu Khaldun merupakan landasan yang kuat untuk membentuk siswa yang memiliki karakter akhlak mulia terhadap sesama. Maka dari itu penerapan filsafat pendidikan Ibnu Khaldun dalam pendidikan karakter siswa dianggap sangat penting untuk membangun generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia.

References

Abidin et al. (2017). Pandangan Ibnu Khaldun Berkaitan Kaedah Pendidikan Dalam Kitab Al-Muqaddimah. Idealogy, 2(1), 26–35.

Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.

Ahmad. (2019). Implementasi Tauhid Ilmu Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3(2), 23–32.

Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.

Al-Rasyid dan Samsul Nizar. (2002). Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Albina. (2021). Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifin et al. (2024). Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Era Kontemporer. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 13–25.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.

Beddu et al. (2024). Konsep Tauhid: Allah, Wahyu Dan Kerasulan Sebagai Dasar Aksiomatik Pendidikan. Journal of Islamic Educational Development, 1(1), 25–32.

Fahira et al. (2023). Peranan Filsafat Pendidikan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa. Edu Sociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 6(1), 29-40. https://doi.org/doi: 10.33627/es.v6i1.1122.

Farah. (2022). Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam Dan Filsafat Pendidikan Barat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 115–128.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Felta. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Islam: Perspektif Filsafat (Character Education In Islam: A Philosophy Perspective). Jakarta: Ciputat Press.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i2

Hidayat. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter Dan Berdaya Saing Di Abad 21”. Nusa Putra Press.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Nadhief et al. (2024). Latar Belakang Munculny Filsafat Pendidikan: Dari Islam, Spiritulisme Kuno, Hingga Pemikiran Socrates, Plato, Dan Aritoteles.”. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 9(3), 21-30.

Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.

Nasarudin et al. (2024). Pengantar Pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.

Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.

Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rivana et al. (2023). Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2267–2280.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.

Sofyan, Y. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.

Su’adah. (2021). Pendidikan Karakter Religius (Strategi Tepat Pendidikan Agama Islm dengan Optimalisasi Masjid). Surabaya: CV.Global Aksara Pres.

Suharto. (2003). Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Suhartono. (2006). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Syofiyanti, D. (2024). Implementation of the" Know Yourself Early" Material Sex Education for Children in Schools. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(9).

Ulfah, U. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Yusuf. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 61(74), 1–11.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Zulfa, A. A. (2025). Peran Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tahsinia, 6(1), 115–134.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(3), 363-377. https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.724