STRATEGI PEMBELAJARAN SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMK CENDEKIA MUSLIM
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i8.709Keywords:
Strategi Pembelajaran, Speaking, Kemampuan Berbicara, SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide dan pendapat mereka dalam bahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya latihan berbicara, minimnya penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif, dan rendahnya motivasi siswa dalam berlatih berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pembelajaran speaking yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa SMK Cendekia Muslim. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis komunikasi aktif, penggunaan media audio-visual, serta penerapan metode diskusi dan simulasi dapat meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Selain itu, pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif berlatih berbicara. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru mengintegrasikan berbagai strategi inovatif dan kontekstual dalam pembelajaran speaking agar kemampuan berbicara siswa dapat meningkat secara signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi tenaga pendidik khususnya di bidang pengajaran bahasa Inggris di lingkungan SMK.
References
Aidah, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(6), 966–977.
Anugerah et al. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga). Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga), 1–7.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.
Damayanti, W. K. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Play With English Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Kinanti (Karya Insan Pendidikan Terpilih), 1(1), 1–5.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Harmer. (2007). The Practice of English Language Teaching. Cambrigde: Longman.
Hinkel. (2006). Current perspectives on teaching the four skills. Tesol Quarterly, 40(1), 109–131.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Mukarom, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Magrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jurnal Tahsinia, 5(4), 583–598.
Nafisah, S. (2023). Proses Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society, 1(1), 1–8.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Nurahma et al. (2025). Analisis Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 2573–2584.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Pradita & Jayanti. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit NEM.
Rahmah, N. F. (2022). The The Readability Of Junior’s Level In Mentari’s Textbooks: A Systemic Functional Linguistic Study. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 3(1), 56–64.
Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Richards & Rodgers. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sartika. (2014). Pengembangan Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas berbasis Lesson Study Dengan Peran Ahli dan Siawa ‘LS PAS’”. Educational Management, 3(2), 88–98.
Schulze. (2006). Planning and Task Performance in a Second Language (review). In The Canadian Modern Language Review / La revue canadienne des langues vivantes, 62(4).
Sholihat, R. N. (2023). Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Kimia selama Pembelajaran Jarak Jauh. Chemica, 24(1), 98–107.
Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Susanti et al. (2023). Pelatihan Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Anak-anak Dengan Metode Total Physical Response (TPR). BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 205–216.
Syahputra. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan., 17(1), 127–145.
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ace Muhammad Hijazi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












