ANALISIS MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 7: PENGENALAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DALAM KURIKULUM MERDEKA SMP PGRI KARANGTENGAH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i6.704

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Minat Belajar

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya penggunaan modul ajar yang kontekstual, komunikatif, dan mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Modul ajar menjadi salah satu perangkat penting dalam mendukung tercapainya pembelajaran yang berpihak pada siswa. Dalam konteks ini, kualitas modul ajar perlu dianalisis untuk memastikan kesesuaiannya dengan capaian pembelajaran dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas modul ajar Bahasa Indonesia kelas VII Bab 6 dengan sub materi “Mengenal Surat Pribadi dan Surat Dinas” yang digunakan di SMP PGRI Karangtengah, dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan instrumen angket yang disebarkan kepada dua guru Bahasa Indonesia, satu guru kurikulum, dan 22 siswa kelas VII. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul ajar telah memenuhi standar capaian pembelajaran dan kompetensi dasar, dengan skor rata-rata tinggi pada aspek keterpaduan isi, kejelasan penyajian, bahasa komunikatif, dan desain menarik. Respon siswa juga positif, menunjukkan modul mudah dipahami, relevan dengan kebutuhan mereka, serta mampu meningkatkan minat belajar. Secara keseluruhan, modul ajar dinilai layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era Kurikulum Merdeka.

References

Ainia. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Aprima. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan., 13(1), 95–101.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Bahriah, E. S. (2022). Kurikulum Merdeka: Implementation and Effect on Learning Loss in Chemistry Caused by Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1916–1927.

Bahriah, E. S. (2023). Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena learning loss pada pembelajaran kimia. Media Sains Indonesia.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Irmaliya et al. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–11.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kemendikbdristek. (2022). Panduan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Matin, A. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 1(1), 62–72.

Mubarak, Z. (2022). Desain kurikulum merdeka era revolusi 4.0. Jakarta: Penyelaras Aksara.

Nafi’ah et al. (2023). Karakteristik pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di madrasah ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–12.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Rahmah, N. F. (2024). The Textual Features In Persuading Student on School Advertisement: A Textual Analysis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14082–14089.

Rahmah, N. F. (2025). Soldiers’ Wives’ Resilience as Conceptual Metaphor in Merah Putih Memanggil and Sayap-Sayap Patah. JEPAL (Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics), 6(1), 77–89.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Salamah et al. (2024). Analisis Penerapan Standar Penilaian pada Sekolah Penyelenggara Kurikulum Merdeka. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 230-240.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sari, S. (2025). Implementation Of A Project-Based Worksheet Using Aloe Vera Gel As A Natural Stabilizer In Purple Sweet Potato Ice Cream To Increase Nutritional Literacy. EDUSAINS, 17(1), 38–49.

Sarmadan et al. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(1), 1–11.

Seylla et al. (2024). Analisis dan Rekonstruksi Asesmen Diagnostik dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA/SMK. Junal Onoma, 1(1), 1–11.

Supriani, Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di SDN 8 Metro Pusat. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(3), 340–349.

Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.

Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.

Suryanto. (2022). Inovasi pembelajaran Merdeka Belajar. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.

Wahyudi & Ariyani. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3692–3701. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6507

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Artikel

How to Cite

ANALISIS MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 7: PENGENALAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DALAM KURIKULUM MERDEKA SMP PGRI KARANGTENGAH. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(6), 956-970. https://doi.org/10.57171/jt.v6i6.704