MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MA’ARIF MA’AHIDUL ‘IRFAN BANDONGAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.668Keywords:
Manajemen Peserta Didik, Minat Belajar, Sekolah Dasar Islam TerpaduAbstract
Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan peserta didik yang efektif untuk menciptakan kondisi yang mendukung perkembangan minat belajar siswa di sekolah berbasis agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen peserta didik dalam meningkatkan minat belajar pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Ma’arif Ma’ahidul 'Irfan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang manajemen peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh pendekatan guru yang belum sepenuhnya menyentuh kebutuhan siswa, pengaruh sosial dari lingkungan, serta keterbatasan dalam pengelolaan kurikulum dan metode pembelajaran. Inovasi dalam metode pembelajaran, integrasi teknologi, serta penguatan nilai-nilai agama dan karakter melalui pembiasaan ibadah menjadi faktor penting yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pembiasaan ibadah, seperti sholat berjamaah dan hafalan Juz Amma, memberikan dampak positif pada motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya evaluasi dan inovasi dalam metode pembelajaran serta pengelolaan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan mengembangkan pendekatan yang lebih personal untuk mendukung minat belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan manajemen pendidikan yang lebih efektif di lembaga pendidikan Islam.
References
Alek. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Mencetak Sumber Daya Manusia Berkualitas Menuju Indonesia Unggul. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–3.
Aqib, Z. (2018). Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Yrama Widya.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Fauziah, A. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 73–89.
Hamalik, O. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.
Hasan, M. (2019). Pentingnya Integrasi Kurikulum Agama dan Umum dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(1), 87–98.
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223
Jahari. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Isema, 3(2), 170–180.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Putri, N. A., & Rohman, F. (2024). Evaluasi Dampak Program Literasi Al- Qur ’ an terhadap Penguatan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama. 10(1), 766–778.
Rahim, A., Yusnan, M., & Kamasiah, K. (2021). Sistem Pengembangan Minat Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 47–49. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v1i1.3152
Rahmasari, D. (2023). Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1075–1079. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1831
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Robiah, A., & Adwiyah, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Membentuk Akhlak Mulia Pada Siswa : Studi Kasus di SMP PAB 15 Medan. 2, 49–53.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Silaen, R., Aritonang, M. L., & Hasugian, F. F. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. 2(4), 54.
Solari, M., Vizquerra, M. I., & Engel, A. (2023). Students’ interests for personalized learning: an analysis guide. European Journal of Psychology of Education, 38(3), 1073–1109. https://doi.org/10.1007/s10212-022-00656-3
Suryadi, E. (2019). faktor Sosial dan Motivasi Internal dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 102–115.
Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. (2021). Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 97–107.
Taqwa. (2016). Pendekatan Manajemen Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.428
Tobin, K., & Alexakos, K. (2021). Global challenges need attention now: educating humanity for wellness and sustainability. Cultural Studies of Science Education, 16(3), 651–673. https://doi.org/10.1007/s11422-021-10080-6
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Umar, M. (2023). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTS Raudlatus Sholeh Kedung Sumur Pakuniran Probolinggo. 58–70.
Urmila, & Sudadi. (2024). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 2(1), 14–19. https://doi.org/10.59966/pandu.v2i1.245
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Weintraub, M. J., Schneck, C. D., Posta, F., Merranko, J. A., Singh, M. K., Chang, K. D., & Miklowitz, D. J. (2022). Effects of family intervention on psychosocial functioning and mood symptoms of youth at high risk for bipolar disorder. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 90(2), 161–171. https://doi.org/10.1037/ccp0000708
Widodo, S. (2018). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karakter, 9(2), 101–114.
Yanto, M. (2024). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di SMPN 4 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 11(1), 65–67. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Arbain Abdul Rozak, Nailatul Muna, Dahlia Dahlia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












