PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ZAMAN GENERASI Z DALAM PONDOK PESANTREN

Authors

  • Andrianto Andrianto IAI At-Taqwa Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.666

Keywords:

Educational technology, Generation Z, Pondok Pesantren, Tantangan, Prospek

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan teknologi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan generasi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prospek dan tantangan teknologi pendidikan di zaman generasi z dalam pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, memberikan kontribusi terhadap literatur pendidikan Islam modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran, namun menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur, resistensi budaya, dan kurangnya pelatihan bagi tenaga pengajar. Kekuatan penelitian ini terletak pada analisis mendalam yang memperbarui perspektif tentang teknologi pendidikan di pesantren, meskipun terbatas pada satu lokasi dan kelompok usia tertentu. Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup perluasan cakupan geografis dan penggunaan metode campuran untuk pemahaman yang lebih komprehensif.

References

Adiyono et al. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60.

Al, S. et. (2023). Komunikasi Digital Untuk Motivasi Generasi Z Meningkatkan Keterlibatan Dalam Bidang Pertanian Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 41(2), 79–95.

Alfiana et al. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18698

Amin, H. (2024). Pemberdayaan teknologi dalam manajemen pendidikan pesantren: Studi kasus Pesantren 4.0. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 520–530.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Asiska & Noviani. (2024). Komersialisasi Pendidikan di Indonesia: Tantangan Bagi Pesantren dalam Mempertahankan Identitas Tradisional. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 98–117.

Daffa et al. (2024). Analisis Perkembangan Teknologi Pemakaian Cashless pada Gen Z dikalangan Mahasiswa Surabaya Selatan. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 3, 824–840.

Deni et al. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 43067–43078.

Detisha et al. (2023). Penerapan Bauran Pemasaran Efektif dalam Meningkatkan Daya Tarik Lembaga Pendidikan Islam di Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(1), 167–180.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Fauzi et al. (2024). Tantangan dan Solusi Administrasi Kesehatan di Era Digital (Tinjauan Literature Review atas Implementasi Teknologi). AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(1), 1093–1103.

Firman, F. (2024). Inovasi dalam manajemen pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pendidikan digital. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9035–9044.

Hajar, A. (2024). Pendidikan Islam untuk Perempuan di Dunia Digital: Memanfaatkan Teknologi dalam Mencapai Kesetaraan. AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies, 4(1), 323–336.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i2

Hananuraga, R. (2025). Evolution And Contribution Of Artificial Intelligencess In Indonesian Education. Journal of International Multidisciplinary Research, 3(3), 19–26.

Harmathilda et al. (2024). Transformasi Pendidikan Pesantren Di Era Modern: Antara Tradisi Dan Inovasi. KARIMIYAH:Journal of Islamic Literature & Moslem Society, 4(1), 2830–3970. https://doi.org/https://doi.org/10.59623/karimiyah.v4i1.51

Helandri & Supriadi. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA‘LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 93–116.

Hizbulloh, N., Anshori, A., & ... (2023). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah di Era Globalisasi (Studi Pondok Pesantren Tradisional Kabupaten Ogan Komering Ilir …. … Pendidikan Islam, Vol. 12(No. 001), 1215–1224.

Hosaini et al. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353–360.

Istiqomah & Lisdawati. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Junaidi et al. (2024). Dampak Transformasi Digital terhadap Metode Pengajaran di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar: Peluang dan Tantangan. Instructional Development Journal (IDJ), 7(1), 173–184.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kholifah, A. (2022). Strategi pendidikan pesantren menjawab tantangan sosial di era digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978.

Khusnul Fikriyah. (2024). Dinamika Modernisasi Agama: Eksplorasi Penafsiran Baru, Adaptasi Praktik, dan Menghadapi Tantangan Kontemporer. Socio Religia, 5(2), 112–128.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Lailiyah & Imami. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di lembaga pendidikan pesantren dalam meningkatkan mutu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2737–2746.

Lundeto, A. (2021). Digitalisasi Pesantren: Hilangnya Budaya Tradisionalis Atau Sebuah Kemajuan? Jurnal Education and Development, 9(3), 452–457.

Munir & Su’ada. (2024). Manajemen pendidikan Islam di era digital: Transformasi dan tantangan implementasi teknologi pendidikan. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(1), 1–13.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Nurhayati et al. (2024). Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Artificial Intelligence (AI). PROSIDING SENTIKJAR, 3, 1–7.

Nurkholis & Santosa. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(2), 113–130.

Pamungkas et al. (2024). Problematika Ekonomi dalam Dakwah: Studi Realita Akses Pendidikan di Pondok Pesantren dan Dampak Biaya. Jurnal Ilmu Agama, 7(4), 38–48.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rohman et al. (2024). Kontribusi Islam terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dalam Era Industri 4.0. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 486–498.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Saini, M. (2024). Pesantren dalam Era Digital: Antara Tradisi dan Transformasi. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 16(2), 342–356.

Saputra et al. (2024). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Sosial Guru Di Lingkungan Pondok Pesantren Ubay Bin Ka’ab Salo. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 4(6), 843–855.

Saumantri et al. (2024). Etika Dalam Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Pada Generasi Z Di Pondok Pesantren Syariful Anam Kota Cirebon. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(2), 169–179.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Soleh. (2024). Transformasi Administrasi Pondok Pesantren Modern di Indonesia. Journal of Education and Religious, 4(2), 50–59.

Suherman & Cipta. (2024). Penerapan Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pondok Pesantren. SPECTRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 40–60.

Susyanto, B. (2022). Manajemen lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi era digital. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 692–705.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahyuni et al. (2024). Revolusi Media Pembelajaran Digital:“Membuka Peluang Dan Menangani Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa. Visipena, 15(1), 51–66.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Yemmardotillah et al. (2024). Tantangan dan peluang pendidikan agama Islam di era Society 5.0. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 75–87.

Yusuf et al. (2023). Tradisi Pendidikan Dan Penanaman Akhlak Di Pondok Pesantren Dalam Membangun Pendidikan Karakter Di Era Post Modern. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–9.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ZAMAN GENERASI Z DALAM PONDOK PESANTREN. (2025). Jurnal Tahsinia, 6(3), 338-350. https://doi.org/10.57171/jt.v6i3.666