ANALISIS INTERAKSI DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DALAM KELOMPOK (STUDI KASUS PADA AKUN TIK TOK @KOMUNITASPARENTING)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.619

Keywords:

Interaksi Sosial, Pembentukan Kepribadian, TikTok Parenting

Abstract

Penelitian ini mengkaji terkait bagaimana interaksi yang terjadi dalam suatu kelompok, khususnya di platform digital seperti Tik Tok, bisa berdampak pada pembentukan kepribadian individu, dengan fokus penelitian akun Tik Tok @komunitasparenting. Interaksi sosial dalam kelompok virtual akun TikTok @komunitasparenting berperan penting dalam pengembangan sikap, pola pikir, dan perilaku orang tua yang lebih positif. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis konten-konten informatif seputar parenting yang dibagikan oleh akun tersebut, serta respons pengikutnya, baik berupa komentar, likes, dan fitur interaktif seperti duet atau stitch dan lain sebagainya. Hasilnya menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di akun ini tidak hanya menciptakan ruang untuk berbagi pengalaman, memberi dukungan emosional, dan memberikan saran, tetapi juga membentuk identitas sosial pengikutnya sebagai bagian dari komunitas orang tua. Selain itu, interaksi ini mendorong perubahan pola pikir dan perilaku orang tua, meningkatkan sikap kesabaran dan komunikasi yang lebih baik dalam mendidik anak. Berdasarkan teori peran dan teori konformitas, hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana norma dan nilai yang dibagikan dalam komunitas TikTok ini dapat mempengaruhi pengembangan kepribadian individu, terutama dalam konteks parenting. Akun @komunitasparenting berhasil menciptakan sebuah ruang interaktif yang mendukung pengembangan pribadi para pengikutnya dan memperkuat nilai-nilai positif dalam pola asuh anak yang baik.

References

Agustya et al. (2023). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten TikTok @don.Gustavio dalam Memaknai Karakter Generasi 80-an 90-an, dan 2000-an. Scriptura, 13(1), 14–26. https://doi.org/doi.org/10.9744/scriptura.13.1.14-26

Alviyan et al. (2020). Peran Kelompok Teman Sebaya Dalam Upaya Pembentukan Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 1–14.

Anggraini et al. (2022). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Dan Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai PTS Di Riau. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1846

Arifudin, O. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.

As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.

Bumiayu. (2024). Pola Komunikasi Kelompok di Media Sosial dalam Teori Analisis Proses Interaksi Robert Bales. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 1–12.

Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fargomeli. (2014). Interaksi Kelompok Nelayan Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Di Desa Tewil Kecamatan Sangaji Kabupaten Maba Halmahera Timur. Journal Acta Diurna, 3(1), 1–17.

Fauzan. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok pada Interaksi Sosial Remaja “Studi di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.” (Doctoral Dissertation). Universitas Islam Kalimantan MAB.

Hilda et al. (2024). Hiperrealitas Pengaruh Penggunaan TikTok dalam Membentuk Eksistensi Diri Mahasiswa Universitas Jember. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(3), 120–131. https://doi.org/doi.org/10.47861/tuturan.v2i3.1071

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Indriani & Kusuma. (2022). Interaksi Sosial Fandom Army di Media Sosial Weverse. Jurnal Komunikasi Global, 11(2), 206–226.

Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Mahardini et al. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nainggolan et al. (2018). Peranan Media Sosial Instagram dalam Interaksi Sosial Antar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsrat Manado. Jurnal Acta Diurna, 7(4), 1–15.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100–109.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Prasanti & Indriani. (2017). Interaksi Sosial Anggota Komunitas LET’S HIJRAH dalam Media Sosial Group LINE. Jurnal The Messenger, 9(2), 143–155. https://doi.org/doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.467

Puspitasari & Tama. (2021). Konformitas Teman Sebaya dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Tiktok Pada Komunitas Remaha di Seberang Ulu 2 Palembang. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 105–112. https://doi.org/doi.org/10.33557/jpsyche.v15i2.1549

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rohanah et al. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 139–143.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sekali & Tarigan. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar 1. KIP Universitas Quality, 3(1), 1–4.

Setiawan. (2023). Bekerja Sebagai Konten Kreator Youtube Menurut Pandangan Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4128–4138. https://doi.org/doi.org/10.29040/jiei.v9i3.9874

Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.

Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.

Tanis. (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1–12. https://doi.org/doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3564

Tanjung, R. (2020). Pendampingan Usaha Oncom Dawuan Makanan Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 59–63.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Wahrudin, U. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.

Wenerda & Widayanti. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Wadah Interaksi Antar Anggota Kelompok Fanbase Ghealways. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 110–123. https://doi.org/doi.org/10.46426/jp2kp.v25i2.150

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

ANALISIS INTERAKSI DAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DALAM KELOMPOK (STUDI KASUS PADA AKUN TIK TOK @KOMUNITASPARENTING). (2024). Jurnal Tahsinia, 5(9), 1338-1352. https://doi.org/10.57171/jt.v5i9.619