PENGARUH MONTESSORI BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI
-
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.612Keywords:
Montessori Book, Perkembangan KognitifAbstract
Dalam dunia pendidikan, upaya yang dilakukan adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan anak secara aktif. Pendidikan anak usia dini mencakup enam aspek perkembangan yang saling berkaitan, dengan perkembangan kognitif sebagai faktor penting yang mempengaruhi aspek-aspek lainnya. Perkembangan kognitif melibatkan berbagai kemampuan pada anak, seperti memahami bentuk, warna, ukuran, pola, angka, dan simbol. Teori perkembangan kognitif Piaget menyoroti berbagai tahapan kualitatif yang dilalui individu, menekankan perlunya media yang disesuaikan dan menstimulasi seperti Amusement Book untuk mendorong pertumbuhan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian eksperimental kuantitatif digunakan di TK Adhyaksa 1 Kota Jambi untuk menilai dampak buku ini terhadap pertumbuhan kognitif, yang menunjukkan perubahan positif yang signifikan pada perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Amusement Book secara signifikan meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Adhyaksa 1 Kota Jambi. Anak-anak menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam membedakan angka dan huruf, serta dalam menyelesaikan tugas kreatif seperti mengikat tali sepatu dan menghitung angka.
References
Akbar et al. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465–474. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001
Angkur et al. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2443–2452. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3190
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Herniawati. (2023). Metode Bermain: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Intisabi, 1(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.2
Izzuddin & Palapa. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 542–557.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.
Nabila et al. (2023). Pengembangan Busy Book Berbasis Loose Parts Untuk Melatih Problem Solving Anak Usia Dini. Journal of Instructional and Development Researches, 3(4), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v3i4.242
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Rahim et al. (2024). Penyuluhan Tentang Kewenangan Pemerintah Dalam Pengembangan Pendidikan Berdasarkan Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 Di Yayasan Perkasa Karunia Luhur Tangerang. JABB, 5(2), 885-896. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jabb.v5i2
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinda Ananta Saputri, Anggun Rianti Putri, Ratumas Sinta Naila, Fadia Nadila, Rizki Surya Amanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












