PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH INDONESIA BANGKOK (SIB) THAILAND
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i5.606Keywords:
Cerita Bergambar, Profil pelajar Pancasila, Sekolah Indonesia BangkokAbstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Profil pelajar Pancasila merupakan bagian dari kurikulum Merdeka. Proses pembelajaran kurikulum Merdeka ditujukan untuk mewujudkan pembelajaran siswa yang holistik. Urgensi dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila pada siswa. Salah satu media yang efektif untuk mencapai tujuan ini melalui cerita bergambar. Media ini mampu menarik minat siswa sekaligus memberikan pemahaman siswa terhadap dimensi profil pelajar Pancasila dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan cerita bergambar berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan cerita bergambar yang dirancang khusus guna menumbuhkan profil pelajar Pancasila pada siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. Berdasarkan identifikasi ini, metode yang dilakukan cerita bergambar akan dirancang dan dikembangkan dengan mengintegrasikan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila dalam alur cerita yang menarik dan relevan bagi siswa. Selanjutnya, cerita bergambar tersebut akan diuji kelayakan dan kemenarikan media cerita bergambar dapat menumbuhkan profil pelajar Pancasila pada siswa. Hasil penelitian ini yaitu validasi ahli media yang kedua dengan hasil validasi sebesar 92% dengan kriteria valid dan angket respon siswa mendapatkan 83% dengan kriteria menarik.
References
Afnida et al. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–54.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kurniawan, M. A. (2025). Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Dan Asesmen Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 109–120.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Nurgiyantoro. (2016). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurjanah & Hakim. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 72–82.
Rahayuningsih. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rodhiyana. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 151–160. https://doi.org/https://doi.org/10.58569/jies.v1i2.575
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriani, Y. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85.
Suryaningsih & Fatmawati. (2017). Pengembangan buku cerita bergambar tentang mitigasi bencana erupsi gunung api untuk siswa SD. Profesi pendidikan dasar, 4(2), 113-124.
Tarigan. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2), 141–152.
Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 9–16.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Innany Mukhlishina, Arinta Rezty Wijayaningputri, Murtyas Galuh Danawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












